Tempelkan tulisan ini di pintu Rumah, Agar Wabah tidak Masuk ke Dalamnya

Rajah agar balak, wabah penyakit tidak masuk kedalam rumah

Sampai hari ini pemerintah terus berusaha agar wabah covid – 19 corona ini tidak menyebar dan segera dapat diatasi.

Dari Kalangan kedokteran juga terus berjuang agar pasien yang terkena virus corona ini bisa disembuhkan.

Para Ulama dengan Fatwanya juga berusaha berusaha semaksimal mungkin agar Virus ini tidak semakin berkembang dan memakan lebih banyak korban.

Kita segenap anak bangsa sudah sepatutnya mendengar dan mengikuti himbauan dari pemerintah, dokter dan para Ulama karena tidak mungkin Pemerintah, para dokter dan ulama ini menjerumuskan kita dalam kebinasaan.

Wabah tidak terjadi pada saat ini saja, bahkan pada masa khalifah Umar pernah terjadi wabah yang dikenal dengan nama Wabah Amwas yang terjadi dikota syam [Syiria], Dimana pada masa tersebut ada beberapa sahabat agung nabi yang ikut terkena wabah tersebut, sampai pada saatnya wabah tersebut dapat diatasi oleh sahabat Amr bin Ash yang dikenal dengan ucapanya :

أيها الناس! إن هذا الوجع إذا وقع فإنما يشتعل اشتعال النار فتحصّنوا منه في الجبال

“Wahai manusia, sesungguhnya penyakit ini apabila menimpa maka ia akan bekerja bagaikan bara api maka bentengilah dari penyakit ini dengan berlari ke gunung-gunung.” (Diriwayatkan dari Imam Ibn Hajar Al-Asqalani dalam kitab Badzal Maa’un hal 163)

dan pada masa-masa berikutnya juga pernah terjadi wabah seperti kolera, lepra dan lainya.

Dalam hal menghadapi wabah, para ulama selain mengajarkan kebersihan juga mengajarkan doa (seperti : Li khomsatun, Hizib, Istighosah) serta ikhtiar lain seperti menulis aurad dan masih banyak lagi.

Agar Wabah Tidak Masuk kedalam Rumah

Dalam hasyiyahnya, syaikh sulaiman Al-Jamal mengajarkan kepada kita agar pandemi / wabah tidak bisa masuk kedalam rumah.

Beliau menukil riwayat dari Syaikh al-Barmawi, bahwasanya Syaikhul Islam Syihabudin al-Balqini berkata:

ومما جرب لعدم دخول الطاعون الدار أن يكتب في ورقة وتلصق بباب الدار : حي صمد باقي وله كنف واقي


Artinya:

Sebagian amalan mujarab untuk meniadakan masuknya wabah ke dalam rumah adalah dengan menulis di kertas (tulisan berikut) dan menempelkannya pada pintu rumah,

“حي صمد باقي وله كنف واقي”

Semoga keberkahan para salafus shalih melimpah kepada kita. Dan dengan wasilah dan mengikuti nasehat yang mereka Sampaikan kita diselamatkan dari wabah dan bencana apapun bentuknya dan dimanapun tempatnya.


Sumber:


حاشية الشيخ سليمان الجمل على شرح المنهج في الفقه الشافعي: ٣/ ٢١٤