Kategori: Shalat

Pengertian, Tata cara, Waktu, Niat dan Do’a Sholat Tahajud (Lengkap)

Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang tata cara sholat tahajud, pengertian sholat tahajud, bacaan dzikir dan doa sholat tahajud.

Pengertian Sholat Tahajud

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah kita tidur walaupun hanya sesaat dengan bilangan rakaat yang tidak terbatas.

Pengertian Sholat Tahajud Dari Para Ulama

Bagaimana Pengertian Sholat Tahajud Menurut para Fuqoha (Ulama Pakar Fiqih)? Mari kita simak pengertian sholat tahajud menurut para ulama di bawah ini:

Pengertian Shalat Tahajud Menurut Syaikh Nawawi Albantani

Syaikh Nawawi Albantani dalam Kitab Nihayatuz Zain menjelaskan bahwa Sholat sunnah mutlak di malam hari lebih utama daripada sholat sunah mutlak di siang hari. Salah satu shalat sunnah mutlak adalah sholat qiyamul lail.

Apabila qiyamul lail dilakukan setelah tidur, walaupun hanya tidur di waktu maghrib atau setelah shalat Isya’ yang ditaqdim dengan maghrib, maka sholat malam itu disebut tahajud.

Pengertian Sholat Tahajud Menurut Imam Ramli

ويسن (التهجد) بالإجماع لقوله تعالى {ومن الليل فتهجد به نافلة لك} [الإسراء: 79] ولمواظبته – صلى الله عليه وسلم – وهو التنفل ليلا بعد نوم

Artinya : Sholat Tahajud disunnahkan dengan kesepakatan ulama berdasarkan firman Allah Taala (dan pada sebagian malam hari shalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu(QS. Al-Isra’ ; 79)) dan juga berdasarkan ketekunan Rasulullah Sholla Allahu “alaihi Wa Sallam dalam melaksanakannya. Sholat Tahajjud adalah sholat sunnah di malam hari setelah tidur.(Syihabuddin Al-Ramli, Nihayatul Muhtaj Ila Syarhil Minhaj, Beirut-Dar al fikr, 1404 H., hal. 131 juz 2.)

Pengertian Sholat Tahajud Menurut Syaikh Sulaiman Bin Muhammad bin Umar Al-Bujairomi

وتهجد- أي: تنفل بليل بعد نوم قوله: بعد نوم- ولو يسيرا، ولو كان النوم قبل فعل العشاء، لكن لا بد أن يكون التهجد بعد فعل العشاء، حتى يسمى بذلك وهذا هو المعتمد

Artinya : Dan sunnah melaksanakan sholat tahajjud, yaitu shalat sunnah setelah tidur. Penjelasan dari frasa (setelah tidur) : walaupun tidur sebentar dan tidurnya dilakukan sebelum shalat Isya, tapi shalat tahajjud tetap dilakukan setelah shalat Isya. Oleh sebab itulah shalat ini disebut shalat Tahajjud (tahajjud : tidur di waktu malam) dan inilah pendapat yang Mu’tamad/kuat.(Sulaiman Ibn Muhamad ibn Umar Al-Bujairomi, Hasyiyatul Bujairomi ala Syarhil Minhaj, Mathba’ah Al-Halabi, 1369 H., hal. 286 Juz 1).

Dari keterangan para ulama diatas dapat kita ketahui bahwasanya sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan pada malam hari dengan syarat sudah tidur walau hanya sebentar.

Hukum Melaksanakan Sholat Tahajud

Bagaimana Hukum Melaksanakan Sholat Tahajud?

Ulama Syafi’iyyah berpendapat bahwa sholat Tahajud hukumnya sunnah dan ada sebagian yang mengatakan wajib bagi Rasulullah.

Minimal Rakaat dalam Sholat Tahajud

Setelah kita mengetahui pengertian dan hukum melakukan sholat tahajud sekarang berapa jumlah minimal rakaat sholat tahajud.

Berapa Minimal Rakaat dalam Sholat Tahajud?

Para ulama sepakat bahwa jumlah minimal rakaat sholat tahajud adalah dua rakaat. Karena itu, jika seseorang melaksanakan shalat tahajud dengan jumlah dua rakaat, maka hal ini sudah dianggap cukup sebagaimana telah dijelaskan dalam kitab al-Mausu’ah al-Fiqhiyah berikut:

اتفق الفقهاء على أن أقلها ركعتان خفيفتان؛ لما روى أبو هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال إذا قام أحدكم من الليل فليفتتح صلاته بركعتين خفيفتين

“Ulama fiqih sepakat bahwa jumlah minimal rakaat shalat tahajud adalah dua rakaat. Hal ini berdasarkan hadis yang bersumber dari Abu Hurairah, dari Nabi Saw, beliau bersabda, ‘Jika kalian melaksanakan shalat malam, maka hendaklah membukanya dengan dua rakaat yang ringan.”

Maksimal Jumlah Rakaat Sholat Tahajud

Berapa Maksimal Rakaat Dalam Sholat Tahajud?

Dalam masalah jumlah rakaat shalat tahajud ulama berbeda pendapat. Ulama’ Madzhab hanafi berpendapat bahwa shalat tahajud maksimal adalah 8 rakaat, sedangkan pendapat dari ulama’ madzhab Maliki maksimal adalah 10 sampai 12 rakaat, adapun dari Ulama Syafi’i dan hambali tidak ada batas maksimal.

Waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Tahajud

Kapan waktu Terbaik Melaksanakan Sholat Tahajud?

Seperti keterangan yang sudah ada diatas, bahwasanya sholat tahajud adalah sholat yang dikerjakan pada malam hari. Namun Perlu kita ketahui juga bahwasanya waktu malam terbagi menjadi tiga bagian, yakni:
1. Waktu Utama (sepertiga malam pertama)
2. Lebih Utama (sepertiga malam kedua)
3. Paling Utama (Sepertiga Malam Ketiga)

1. Waktu Utama : Kira-kira Jam 19:00-22.00
2.Waktu Lebih Utama : Kira-kira Pukul 22:00-01.00
3. Waktu Paling Utama : Kira-kira Pukul 01:00-Masuknya Waktu Subuh

Dari semua keterangan panjang diatas dapat kita simpulkan bahwa:

Shalat Tahajud adalah sholat sunah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur walau hanya sebentar dengan jumlah rakaat tidak terbatas.

Muslimina.id

Bagaimana Niat Sholat Tahajud?

Niat adalah perkara yang letaknya dihati, dan untuk niat sholat tahajud sama seperti niat-niat sholat pada umumnya. “Saya Niat Shalat Tahajud” sebenarnya sudah cukup.

Akan tetapi para ulama kita mengajarkan untuk talaffudz (melafalkan niat) sebelum takbiratul Ihram dengan tujuan ketika kita melakukan niat didalam takbiratul ihram sudah benar-benar siap dan khusuk.

Adapun lafal niat sholat tahajud yang diajarkan oleh para ulama adalah sebagai berikut :

Niat Sholat tahajud Dalam Bahasa Arab:

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Niat Sholat Tahajud Dalam Bahasa Latin (Bahasa Indonesia) :

Usholli Sunnatan Tahajudi Rok’ataaini Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Taa’ala

Artinya :

Aku Niat salat sunah tahajud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’aala

Tata Cara Sholat Tahajud yang benar

Berikut Panduan atau tata cara melaksanakan sholat Tahajud:
1. Niat Bersamaan dengan Takbiratul Ihram
2. Membaca Doa Iftitah (Sunah)
3. Membaca Surat Fatihah
4. Membaca Surat-surat (Semampunya)
5. Rukuk dengan thuma’ninah (diam sekira bacaan tasbih)
6. I’tidal dengan Tuma’ninah
7. Sujud dengan Tuma’ninah
8. Duduk diantara dua Sujud dengan tuma’ninah
9. Sujud lagi dengan tuma’ninah
10. Berdiri pada rakaat kedua kemudian mengulang rukun-rukun diatas mulai dari membaca fatihah sampai sujud kedua. Selesai sujud kedua dilanjutkan dengan rukun dibawah ini.
11. Duduk Tasyahud / Tahiyyat Akhir
12. Membaca Tasyahud / Tahiyyat Akhir
13. Membaca Sholawat Nabi Pada Tasyahud / Tahiyyat Akhir.
14. Salam
15. Tertib dalam pelaksanaanya.

Setelah selesai Sholat tahajud silahkan dilanjutkan dengan berdoa semampunya atau bisa berdoa dengan doa dibawah ini:

Do’a Sholat Tahajud Arab, Latin Dan Artinya

Doa Sholat Tahajud Bahasa Arab

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Doa Sholat tahajud Bahasa Indonesia (latin)

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa‘dukal haq. Wa liqâ’uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ‘atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu. Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a‘lantu, wa mâ anta a‘lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu’akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Arti Doa Sholat Tahajud

Artinya, “Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.”

Dzikir dan Doa Setelah Sholat tahajud

Bagaiamana Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Tahajud?

Setelah selesai melakukan sholat tahajud dan berdoa dengan doa diatas kita bisa menambahkan dengan dzikir dan doa-doa yang kita bisa atau yang sudah diajarkan kepada kita. Diantaranya adalah Mendoakan Kedua Orang Tua, Guru-guru kita, anak-anak kita dan doa-doa baik lainya. memperbanyak membaca istighfar, membaca Al-qur’an dan masih banyak dzikir-dzikir yang lain.

Kemudian bisa dilanjutkan dengan sholat witir atau membaca Al-Qur’an, jika ingin kembali tidur silahkan lanjutkan untuk tidur dengan doa-doa istimewa sebelum tidur yang diajarkan Hujjatul Islam Imam ghazali dan juga adab-adabnya. ( Baca : Adab dan tata cara serta doa sebelum tidur dari imam ghazali ).

Atau jika sudah mendekati waktu subuh kita bisa berdoa dengan doa yang di ajarkan syaikh Az-Zarnuji dalam kitab ta’lim. (Baca : Doa Untuk Melancarkan Rizki dari Kitab Ta’limul Muta’allim).

Sekian, Panduan tata cara dan doa Dan Dzikir Sesudah Sholat Sahajud baik dalam versi arab maupun latin beserta artinya, Semoga bermanfaat.

Wallahu A’lam. [/muslimina.id]

Website Ini Menggunakan Cookies