Kategori: Shalat

Tata Cara Sholat Taubat Dan Waktu yang Tepat Untuk melaksanakan

Pada tulisan kali ini kami akan menjelaskan tentang Panduan dan tata cara sholat taubat serta waktu yang tepat untuk melaksanakanya.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali sholat sunnah, baik sholat sunnah tersebut dilakukan secara berjamaah atau dilakukan secara sendiri-sendiri.

Sholat taubat termasuk sholat sunnah yang memiliki sebab dan dalam pelaksanaanya tidak disunahkan untuk berjamaah.

Kewajiban Bertaubat

Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Sebagai insan yang penuh dengan kesalahan dan bergelimang dosa tentunya sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk bertaubat atas dosa-dosa yang ada pada kita baik dosa kecil maupun dosa besar.

Taubat dari dosa adalah sebaik-baik perbuatan bagi orang yang melakukan kesalahan, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah Shollallahu Alaihi Wasallam berikut ini:

كُلُّ بَنِي آدَمَ خَطَّاءٌ، وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

Artinya: “Setiap anak keturunan Adam adalah orang yang berbuat kesalahan, dan sebaik-baik orang yang berbuat kesalahan adalah orang yang bertobat.” (HR. Ibnu Majah; lihat Ibnu Hajar Al-Asqalani, Bulûghul Marom.

Syaikh Nawawi Al-Bantani dalam Nihayatuz Zain menyampaikan:

وَالتَّوْبَة وَاجِبَة على الْفَوْر وَلَو من صَغِيرَة وتأخيرها ذَنْب تجب التَّوْبَة مِنْهُ وَلَا يعد تَأْخِير التَّوْبَة بإتيان الرَّكْعَتَيْنِ لأَجلهَا لِأَنَّهُمَا من وسائلها

“Taubat wajib segera dilakukan, walaupun itu dari dosa kecil, Dan mengakhirkan taubat itu adalah dosa yang harus ditaubati”

Anjuran Melakukan Sholat Taubat

Anjuran melaksanakan sholat taubat berdasarkan dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi berikut ini:

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ، ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ لَهُ 

Artinya: “Tidaklah seseorang berbuat dosa lalu ia beranjak bersuci, melakukan shalat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya.”

Dari hadits diatas para ulama mengajarkan kepada kita untuk melaksanakan sholat taubatsebagai perantara taubat dari melakukan kesalahan.

Waktu Pelaksanaan Sholat Taubat

Kapan waktu melaksnakan sholat taubat?

Waktu melaksanakan sholat taubat tidak ada batasnya. Karena sholat yang memiliki sebab tidak terikat oleh waktu.

Imam An-Nawawi dalam syarah Muslim:

قبول التوبة من الذنوب وإن تكررت الذنوب والتوبةهذه المسألة تقدمت في أول كتاب التوبة ، وهذه الأحاديث ظاهرة في الدلالة لها ، وأنه لو تكرر الذنب مائة مرة أو ألف مرة أو أكثر ، وتاب في كل مرة ، قبلت توبته ، وسقطت ذنوبه ، ولو تاب عن الجميع توبة واحدة بعد جميعها صحت توبته .قوله عز وجل للذي تكرر ذنبه : ( اعمل ما شئت فقد غفرت لك ) معناه : ما دمت تذنب ثم تتوب غفرت لك ، وهذا جار على القاعدة التي ذكرناها


Maksudnya, selagi bermaksiat maka bertaubatlah dan tidak ada batasan waktu untuk bertaubat.

Al-imam Ad-Dasuki dalam Hasyiahnya :


ذوات السبب الصلاة عند الخروج للسفر وعند القدوم منه وعند دخول المسجد وعند الخروج منه والاستخارة والحاجة وبين الأذان والإقامة وعند التوبة من الذنب ركعتان ا هـ


Sholat-sholat yang memiliki sebab tidak ada batasan waktu, bahkan dalam waktu tahrimus (haram) sholat, contoh seperti sholat ketika akan keluar untuk bepergian, Ketika masuk dalam Masjid (tahiyatal-masjid) atau keluar dari masjid, Sholat Istikhoroh, Sholat ketika ada Hajat, sholat antara Adzan & Iqomah dan sholat ketika bertaubat. (Piss-ktb)

Tata Cara Melaksanakan sholat Taubat

Dalam melakukan sholat taubat tidak berbeda dengan sholat-sholat yang lain, Sholat taubat dilakukan dalam jumlah dua rakaat, yang membedakan adalah niatnya saja.

Masih dalam kitab Nihayatuz Zain, hal :106, Imam Nawawi menjelaskan bahwa:

وَمِنْه صَلَاة التَّوْبَة وَهِي رَكْعَتَانِ قبل التَّوْبَة يَنْوِي بهما سنة التَّوْبَة وتصحان بعْدهَا

“Dan Sholat yang memiliki sebab diantaranya adalah sholat taubat, yaitu sholat dua rakaat yang dilakukan sebelum taubat, Dengan niatlah untuk dua rakaat tersebut dengan niat sholat sunah taubat. Dua rakaat sholat taubat tersebut juga sah dilakukan setelah taubat dilakukan”.

Niat Sholat Taubat

Niat Sholat Taubat Bahasa Arab

أُ صَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Niat Sholat Taubat Latin dan artinya

USHALLI SUNNATAT TAUBATA RAK’ATAINI LILLAHI TA’ALA

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Karen sholat taubat dalam pelaksanaanya sama saja dengan sholat sunnah biasa maka tidak ada ketentuan khusus di dalamnya.

Teknis Pelaksanaan Sholat Taubat

  1. Niat bersamaan dengan takbiratul Ihram
  2. Membaca Doa Iftitah
  3. membaca surat fatihah
  4. Membaca surat dalam Al-qur’an
  5. Rukuk Dengan Tuma’ninah
  6. I’tidal dengan tuma’ninah
  7. Sujud dengan tuma’ninah
  8. Duduk diantara dua sujud dengan tuma’ninah
  9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  10. Duduk Iftirash
  11. Berdiri pada rakaat kedua dan membaca fatihah kemudian mengulang rukun dan kesunahan sholat sebagaimana rakaat pertama sampai pada sujud kedua, kemudian
  12. Duduk tawaruk (Duduk tahiyat akhir)
  13. membaca tasyahud Akhir
  14. Salam

Untuk lebih jelasnya tentang tata cara sholat bisa dilihat pada halaman Panduan sholat lengkap. Setelah selesai melaksanakan sholat taubat, bisa berdzikir dan berdoa mohon ampunan atas dosa yang dilakukan

Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Taubat

Karena sholat yang kita lakukan adalah sholat sunnah taubat maka selayaknya dzikir yang diperbanyak adalah istighfar.

Dan berikut ini adalah Doa yang dibaca setelah sholat taubat:

استغفرالله العظيم الذى لااله الاهو الحي القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضراولا نفعا ولاموتا ولاحياة ولانشورا .

Artinya: saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan, melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan berkembang, saya memohon taubat kepada-Nya pekerja taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk kelompok mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

Doa Sholat Taubat Arab


أللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Doa Sholat Taubat Latin Dan Artinya

Allahumma Anta Rabbi, Laa ilaaha illa Anta, Kholaqtani wa ana abduka, wa ana ‘ala ‘Ahdika wawa’dika mas taho’tu, A’udzubika min Syarri ma sona’tu, Abu’u laka bini’matika ‘Alayya, Wa Abu u bidzanbi faghfirli fainnahu laa yaghfirudz dzunuba illa Anta.

Artinya : Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.

Demikian Panduan atau Tata cara sholat sunnah taubat lengkap dengan doa dan dzikirnya.

Website Ini Menggunakan Cookies