Kategori: IbadahShalat

Tata cara dan bacaan Sujud Tilawah Lengkap (Arab, lati, Artinya)

Sujud tilawah merupakan salah satu dari empat macam sujud, yakni Sujud dalam rangka melaksanakan rukun sholat, sujud sahwi, sujud tilawah dan sujud syukur. Walaupun bentuk sujudnya sama, Akan tetapi tata cara pelaksanaanya berbeda-beda, begitu juga dengan bacaan sujud tilawah tersebut.

Pengertian Sujud Tilawah

Apa definisi atau arti sujud tilawah?

Sujud Tilawah adalah sujud yang dianjurkan ketika seseorang tersebut membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah dalam Al-qur’an.

Biasanya di dalam mushaf Al-Qur’an terdapat tanda tertentu jika kita menemui ayat sajdah. Dalam Al-Qur’an ayat sajdah jumlahnya ada 14. Seperti yang disampaikan oleh Imam Nawawi dalam Raudhatut Thalibin (1/318):

وَعَدَدُ السَّجَدَاتِ أَرْبَعَ عَشْرَةَ عَلَى الْجَدِيدِ الصَّحِيحِ. لَيْسَ مِنْهَا

Artinya;
“Jumlah ayat-ayat sajdah adalah 14 berdasarkan qoul jadid yang terkuat. Ayat dalam Surah Shod tidak termasuk di dalamnya”(Raudhatut Thalibin 1:318)

Dalil Dianjurkanya Sujud Tilawah

Dalil Dasar dianjurkanya melakukan sujud tilawah adalah Hadits yang di riwayakan oleh Ibnu Umar Radliyallahu ‘Anhuma:

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ عَلَيْناَ الْقُرْأَنَ فَإِذَا مَرَّ بِالسَّجْدَةِ كَبَّرَ وَسَجَدَ وَسَجَدْنَا مَعَهُ -رواه ابو داود والحاكم

Artinya : Dari Ibnu Umar Radliyallahu ‘Anhuma Diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam suatu ketika membacakan Al-Qur’an kepada Kami, Ketika Beliau telah selesai membaca ayat sajdah beliau bertakbir lalu bersujud dan kamipun ikut bersujud Bersamanya.

Hadits tersebut adalah dasar utama di sunnahkanya sujud tilawah ketika membaca ayat sajdah.

Hadits ini juga di dukung oleh hadits lain Yang di riwayatkan oleh Imam Muslim:

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ , اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي , يَقُولُ: يَا وَيْلَهُ أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ، وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِيَ النَّارُ

Artinya: “Ketika anak adam membaca ayat As-Sajdah kemudian ia bersujud maka setan menyendiri dan menangis. Ia berkata, “celaka, anak adam diperintah untuk bersujud dan ia pun bersujud maka baginya surga. Dan aku telah diperintah untuk bersujud namun aku menolak maka bagiku neraka.”

Orang Yang Disunnahkan Sujud Tilawah

Berikut ini adalah orang-orang yang disunnahkan melakukan sujud tilawah:

1. Orang yang membaca ayat sajdah di dalam sholat ataupun di luar sholat.
2. Orang yang mendengar ayat sajdah baik mendengarkanya secara sengaja atau tidak, baik orang yang membaca Ayat tersebut melakukan Sujud ataupun tidak.

Bagi seorang imam dan orang yang sholat sendirian tidak boleh melakukan sujud tilawah yang di baca orang lain, kecuali mereka membacanya sendiri. Sedangkan bagi makmum boleh melakukan sujud tilawah jika bersamaan dengan imam.

Syarat-Syarat Sujud Tilawah

Dalam melakukan sujud tilawah kita tidak boleh asal melakukan sujud begitu saja, namun harus memenuhi persyaratan untuk melakukan sujud tilawah tersebut.

Berikut Syarat-syarat Sujud Tilawah :

1. Suci dari Hadats dan Najis baik dari segi pakaian, tempat ataupun badan.
2. Menutup Aurat
3. Menghadap ke Arah Kiblat
4. Telah benar-benar sempurna dalam membaca ataupun mendengarkan ayat-ayat Sajdah.

Tata Cara Sujud Tilawah diluar Sholat

Sujud tilawah bisa dilakukan di dalam sholat dan juga diluar sholat. Dan masing-masing memiliki rukun dan tata caranya sendiri. Berikut ini adalah tata cara dan bacaan sujud tilawah:

Rukun Dan Tata Cara Sujud Tilawah Diluar Sholat Beserta Bacaanya

1. Niat
Niat melakukan sujud Tilawah di barengi dengan takbir pembuka sambil mengangkat kedua tangan seperti halnya takbiratul ihram. Adapun Lafal Niat Sujud Tilawah adalah sebagai berikut:

Niat Sujud Tilawah Arab

نَوَيْتُ سَجْدَةَ التِّلَاوَةِ سُنَّةً للهِ تَعَالَى

Niat Sujud Tilawah latin

Nawaitu Sajdatat Tilawati Sunnatal Lillahi Ta’ala

Arti Niat Sujud Tilawah

Saya Niat Melakukan Sujud Tilawah karena Allah Ta’ala

2. Takbir untuk melakukan sujud tanpa mengangkat kedua tangan.
Adapun Bacaan dalam sujud tilawah adalah sebagai berikut:

Bacaan Sujud Tilawah Arab

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ للَّهُمَّ اكْتُبْنىِ بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاقْبَلْهَا مِنِّي، كَمَا قَبِلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ

Bacaan sujud Tilawah Latin

“Sajada wajhiya lil ladzî khalaqahû wa shawwarahû wa syaqqa sam’ahû wa basharahû bi haulihî wa quwwatihî. Allâhummaktub lî bihâ ‘indaka ajraa, waj’alhâ lî ‘indaka dzukhran, wa dla’ ‘annî bihâ wizran, waqbalhâ minnî kamâ qabiltahâ min ‘abdika dâwuda ‘alaihissalâm.”

Artinya:

“Tubuhku bersujud kepada Dzat yang sudah menciptakanya, memberinya pendengaran dan penglihatan dengan daya dan kekuatanya. Ya Allah dengan bacaan ini catatkan pahala untukku disisi-Mu, jadikan sebagai Investasiku kepada-Mu, hapuskan dosa-dosaku, dan terimalah dariku sebagai mana engkau menerimanya dari hamba-Mu nabi Daud ‘Alaihis Salam.”

Jika tidak hafal, boleh juga mengganti bacaan sujud tilawah dengan bacaan ujud didalam sholat.

3. Bangun dari sujud sambil takbir tanpa mengangka tangan

4. Salam

Tata Cara Sujud Tilawah di dalam Sholat

Adapun tata cara sujud tilawah di dalam sholat harus dilakukan setelah benar-benar selesai membaca ayat sajdah, kemudian melakukan takbir untuk sujud tanpa mengangkat kedua tangan lalu membaca doa yang sudah disebutkan diatas.

Setelah itu bangun dari sujud disertai takbir tanpa mengangkat kedua tangan dan tidak disunnahkan duduk istirahat terlebih dulu.

Catatan: Jika Musholli (orang yang sholat) tidak melakukan sujud tilawah di dalam sholat, ia masih disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah setelah sholat.

Ayat-Ayat Sajdah

Berikut ini adalah daftar 14 Ayat-Ayat Sajdah:

1. Surah Al-A’rof: 206

إِنَّ الَّذِينَ عِنْدَ رَبِّكَ لَا يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِهِ وَيُسَبِّحُونَهُ وَلَهُ يَسْجُدُونَ

2. Ar-Ro’du: 15

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ طَوْعًا وَكَرْهًا وَظِلَالُهُمْ بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ

3. An-Nahl: 49

وَلِلَّهِ يَسْجُدُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مِنْ دَابَّةٍ وَالْمَلَائِكَةُ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

4. Al-Isro’: 107

قُلْ آمِنُوا بِهِ أَوْ لَا تُؤْمِنُوا إِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ مِنْ قَبْلِهِ إِذَا يُتْلَى عَلَيْهِمْ يَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ سُجَّدًا

5. Maryam: 58

إِذَا تُتْلَى عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَنِ خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا

6. Al-Hajj: 18

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُ وَمَنْ يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ

7. Al-Hajj: 77

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

8. Al-Furqon: 60

وَإِذَا قِيلَ لَهُمُ اسْجُدُوا لِلرَّحْمَنِ قَالُوا وَمَا الرَّحْمَنُ أَنَسْجُدُ لِمَا تَأْمُرُنَا وَزَادَهُمْ نُفُورًا

9. An-Naml: 25

أَلَّا يَسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي يُخْرِجُ الْخَبْءَ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَيَعْلَمُ مَا تُخْفُونَ وَمَا تُعْلِنُونَ

10. As-Sajdah: 15

إِنَّمَا يُؤْمِنُ بِآيَاتِنَا الَّذِينَ إِذَا ذُكِّرُوا بِهَا خَرُّوا سُجَّدًا وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُونَ

11. Fushhilat: 37

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ ۚ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

12. An-Najm: 62

فَاسْجُدُوا لِلَّهِ وَاعْبُدُوا

13. Al-Insyiqoq: 21

وَإِذَا قُرِئَ عَلَيْهِمُ الْقُرْآنُ لَا يَسْجُدُونَ

14. Al-‘Alaq: 19

كَلَّا لَا تُطِعْهُ وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ

Demikian Tuntunan atau panduan sujud tilawah beserta dengan bacaan sujud tilawah baik dalam tulisan Latin arab dan latin dan artinya. semoga bermanfaat.

Wallahu A’lam

Website Ini Menggunakan Cookies