Kategori: FiqihQurban

Sah kah Jika Usia Hewan Kurban Belum Cukup?

Ibadah Kurban atau yang biasa disebut udhiyah adalah ibadah yang syarat dan aturanya sudah ditetapkan oleh syara’. Bagaimana Jika Usia Hewan Kurban Belum Cukup, Apakah diperbolehkan Berkurban dengan hewan yang belum cukup umur?

Kebutuhan yang sangat tinggi akan hewan kurban pada saat idul adha terkadang menjadikan kita kesulitan untuk mendapatkan hewan kurban. Ditambah lagi demi meraup keuntungan yang besar ada saja orang yang menjual hewan kurban yang belum cukup usia. Mereka rela mengesampingkan faktor ke absahan hewan itu sendiri untuk dijadikan sebagai hewan kurban.

Melihat fenomena yang seperti ini tentunya kita harus hati-hati dan selektif dalam memilih hewan kurban, kalau kita tidak tahu ciri-ciri hewan yang usianya sudah sah untuk dijadikan kurban sebaiknya tanyakan usia hewan tersebut kepada penjualnya.

Dilihat juga apakah selain faktor usia, hewan tersebut termasuk hewan yang sah untuk dijadikan kurban atau tidak.

Namun bagaimana jika kita mempercayakan kepada seseorang dan orang tersebut membeli hewan kurban dengan usia yang kurang dari ketetapan syara, padahal untuk mencari penggantinya cukup sulit?

Usia Hewan KurbanTidak Memenuhi Syarat

Ketika usia hewan kurban tidak memenuhi syarat dan kita terlanjur membelinya sedangkan kita tidak bisa menukar hewan tersebut, Kita bisa mengikuti pendapat yang lebih ringan dari para ulama seperti imam auza’i maupun imam atho’ yang terdapat dalam kitab Al-Hawi Kabir.

Berikut ini adalah pendapat Ulama Yang Lebih Ringan Dalam Menentukan Usia Hewan Kurban:

1. Pendapat sebagian ulama syafi’iyah yang mengatakan kambing kacang usia 1 tahun mencukupi untuk dijadikan sebagai hewan kurban.[Abi zakariya Yahya Muhyiddin Ibn Syarof An-Nawawi dalam Al-idhoh, Hal: 366]

2. Pendapat Imam Atho’ dan Auza’i yang mengatakan semua jenis hewan (Unta, sapi kerbau dan kambing) sah dijadikan kurban ketika sudah tanggal gigi depanya.[Abu Hasan Al Mawardi, Al-Hawi kabir, Juz:15, Hal:173]

3. Pendapat sebagian Ulama Syafi’iyyah yang mengatakan kambing domba sah dijadikan hewan kurban apabila telah berumur enam bulan dan memasuki bulan ke-7.

Pendapat-pendapat di atas mungkin bisa kita gunakan ketika kita sudah tidak ada pilihan dalam mendapatkan hewan kurban. Dan semoga kedepan kita lebih hati-hati dan teliti ketika hendak membeli hewan kurban.

Untuk mengetahui tentang kurban anda bisa membaca artikel-artikel yang sudah kami tulis seperti waktu terbaik untuk menyembelih kurban, Hewan yang tidak sah untuk dijadikan Kurban, Kesunahan saat menyembelih kurban. Anda juga bisa membaca artikel artikel tentang kurban yang lain seperti Hukum memakan daging Kurban Sendiri dan masih banyak lagi.

Semoga sedikit tulisan di atas bisa memberi manfaat.

Wallahu ‘A’lam.

Website Ini Menggunakan Cookies