Solusi Saat Ragu-Ragu Ada Anggota Wudhu Yang Belum Dibasuh

Tidak sedikit orang yang mengalami keragu-raguan adanya anggota tubuh yang belum terbasuh. Keraguan itu bisa muncul kapan saja, baik saat wudhu masih berlangsung seperti ragu-ragu sudah mengusap sebagian kepala atau belum ketika kita membasuh kaki, atau keraguan itu muncul setelah wudhu tersebut selesai dilakukan.

Ragu-ragu dalam wudhu
Gambar oleh Engin_Akyurt dari Pixabay

Keraguan itu bisa menghinggapi saya, ataupun anda yang mungkin saat ini sedang mencari jawaban dari pertanyaan yang berkecamuk seputar ragu-ragu adanya anggota wudhu yang belum terbasuh.

Yang menjadi pertanyaan bagaimana wudhu kita, apakah perlu mengulang lagi atau sudah cukup dengan wudhu yang ragu-ragu tadi?

Dalam hal ini para pakar fikih sudah menyediakan jawaban untuk kita seputar keragu-raguan dalam berwudhu, dan jawabanya adalah kita perinci:

Baca Juga :  17 Macam Mandi Sunah

Yang pertama jika keraguan dalam berwudhu itu muncul dan wudhu masih berlangsung (belum selesai) maka wajib bagi kita untuk membasuh kembali anggota wudhu yang diragukan tadi dan anggota wudhu setelahnya.

Yang kedua jika ragu-ragu itu timbul setelah wudhu selesai, maka wudhu tersebut sudah mencukupi dan tidak perlu mengulangi wudhunya lagi.

Berikut kami berikan referensi dari para fuqoha’ :

  • Kifayatul Akhyar : Juz 1 : Hal : 41`Cetakan Darl Kutub Al-arobiyah.

فرع – لو شك فی غسل بعض أعضائه في أثناء الطهارة لم يحسب له وبعد الفراغ لايضر الشك على الراجح

  • Kitab Iqna’, Juz 1 Hal 46 :

وَلَو شكّ فِي تَطْهِير عُضْو قبل فرَاغ طهره أَتَى بِهِ وَمَا بعده أَو بعد الْفَرَاغ لم يُؤثر


Jika ragu dalam mensucikan anggota wudhu sebelum selesainya bersuci maka datangilah perkara yang diragukan dan juga anggota wudhu setelahnya, atau jika ragu setelah selesainya bersuci maka keraguan tersebut tidak memberikan pengaruh (wudhunya sah).

  • Fathul Mu’in, Juz 1 hal 50:
Baca Juga :  Jenis air yang bisa dipakai untuk bersuci

فرع – لو شك المتوضئ أو المغتسل في تطهير عضو قبل الفراغ من وضوئه أو غسله طهره وكذا ما بعده في الوضوء أو بعد الفراغ من طهره لم يؤثر

jika seorang yang berwudhu ragu dalam penyucian anggota wudhu sebelum selesainya wudhu maka anggota wudhu tersebut di sucikan, begitu juga angota setelahnya. atau ragunya setelah selesai dari wudhunya maka tidak berpengaruh.

Untuk tata cara wudhu yang benar silahkan buka halama ini. Sekian Semoga memberi manfaat.