Bandung, ibu kota Jawa Barat dengan fakta menarik

Ibu kota Jawa Barat terletak di kota Bandung. Ada banyak orang yang mencintai provinsi Jawa Barat karena keindahan alam dan kesejukan yang bisa dirasakan wisatawan. Sehingga provinsi Jawa Barat ini memiliki 18 kabupaten dan 9 kota. Bandung didirikan sebagai ibu kota pada tanggal 25 September 1810 sehingga sudah sangat tua.

Jika ibu kota suatu provinsi atau negara hingga saat ini sering diibaratkan daerah yang luas, padat dan terlihat jenuh namun berbeda dengan Kota Bandung. Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Bandung untuk dinikmati sendiri atau bersama orang-orang terdekat.

Dengan usia yang melebihi 2 abad, ternyata Bandung menjadi saksi bisu perjalanan sejarah bangsa Indonesia dan dunia. Banyak juga momen penting yang terjadi di kota Kembang ini. Jika  kamu  penasaran dengan banyak fakta menarik kota Bandung, kamu bisa membaca ulasan berikut ini.

Asal usul ibu kota Jawa Barat

Masuk ke fakta pertama, asal usul nama Bandung yang mungkin belum banyak diketahui orang termasuk orang-orang di dalamnya. Jadi kota bunga ini sebenarnya terbentuk dalam proses pembentukan Sungai Setarum dari lahar yang dikeluarkan oleh Gunung Tangkuban Beahu. Daerah yang terbentuk diyakini sebagai kota sehingga dinamai menurut kata Bandung yang berasal dari kata Pendung.

Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa asal usul nama kota ini adalah falsafah Sunda yang memiliki frasa sakral yaitu “nge-Bandung-an Banda Indung” ternyata berarti segala sesuatu yang ada dan hidup di Bumi serta atmosfer yang menuntut makhluk hidup dan makhluk tidak hidup.

Ibu kota Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang masih padat dengan berbagai jenis budaya Sunwood. Sehingga dapat dikatakan bahwa Bandung memiliki nama yang agak filosofis karena memasukkan alam sebagai tempat bagi semua makhluk hidup dan makhluk tidak hidup yang akan lahir dan hidup di bumi dan Tuhan Yang Maha Esa akan menyaksikan keberadaannya.

TRENDING 🔥:  Risiko bencana alam di Garut Regensa : YayasanBaik

Meskipun cukup filosofis dan memiliki banyak arti, tidak semua orang dari kota bunga memahami hal ini. Berawal dari pilihan namanya saja, sudah memiliki makna sejarah yang cukup unik hingga membuat Bandung terlihat seperti sedang dijelajahi.

Ibu kota Jawa Barat juga merupakan ibu kota Asia dan Afrika

Situs :

  1. distributorkartunano.com
  2. daihatsusetia.com
  3. apartementtherapy.com
  4. andreasresort.com
  5. bogor-tamansafari.com
  6. budungkustompart.com
  7. duakelinci-imb.com
  8. dramamusikdiana.com
  9. lenovofilosofikopimovie.com
  10. figarifroup.com
  11. floopycats.com
  12. historyofsircus.com
  13. irisheximiner.com
  14. anaranews.com
  15. darahuntukkita.com
  16. doublegreatresidence.com
  17. ertigamengertikeluarga.com
  18. festivaltelukjailolo2013.com
  19. fullcolorentertainment.com
  20. gebyaronline.com
  21. gpbimmanueljakarta.com
  22. guitar-technology.com
  23. hajimuhammad.com
  24. hartonosejakdulu.com
  25. iklanbeta.com

Fakta menarik berikutnya yang dapat Anda temukan di kota bunga sering disebut  sebagai ibu kota Asia dan Afrika. Saat itu bersama India, Myanmar, Pakistan dan Sri Lanka, ternyata Indonesia merupakan salah satu negara terkemuka Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan pada tahun 1955.

Tujuan konferensi ini adalah untuk memperkuat ikatan persaudaraan antara negara-negara Asia dan Afrika serta untuk melawan kolonialisme Barat. Pada saat konferensi, ternyata Kota Bandung menjadi tuan rumah KTT dan dihadiri oleh 29 negara dari benua Asia dan Afrika.

Ibu kota Jawa Barat itu berhasil menghasilkan 10 poin kesepakatan dalam konferensi tersebut. Terakhir, pernyataan Dasasila menyebut Bandung sehingga menjadi benih terbentuknya Gerakan Non-Blok pada 1961.

Menyentuh dan berani menjadi saksi dunia, ternyata kota Bandung pernah disebut sebagai ibu kota Asia dan Afrika meski tidak resmi. Bahkan saat itu Perdana Menteri India mengatakan bahwa “Bandung adalah ibu kota Asia dan Afrika.”

Bahkan hingga saat ini, bangunan yang digunakan untuk konferensi masih berdiri kokoh. Salah satu bagian dari bangunan ini digunakan sebagai museum untuk Konferensi Asia Afrika yang sering dikunjungi oleh beberapa wisatawan untuk liburan pendidikan bagi anak-anak. Kota bunga sudah menarik karena pariwisata benar-benar lengkap.

TRENDING 🔥:  cara mengunci aplikasi di hp samsung : Berotak

Dikenal sebagai Lautan Api di Bandung, ibu kota Jawa Barat.

Anda  mungkin sudah  tidak asing lagi dengan lagu Halo-Halo Bandong, di mana dalam liriknya disebutkan bahwa kita adalah Lautan Api Bandung. Bagi yang bukan warga Bandung, mungkin penasaran apa yang dimaksud dengan Lautan Api. Tetapi jika Anda mengambil pelajaran sejarah ketika Anda masih di sekolah dasar, Anda pasti sudah mengerti itu.

Jadi yang dimaksud dengan Bandung Lautan Api adalah momen bersejarah pada 23 Maret lalu, 1946.At saat itu ada hampir 200.000 warga yang membakar rumahnya, membuat kota ini seperti lautan api.

Warga membakar rumah mereka dan meninggalkan Bandung menuju daerah pegunungan di Bandung selatan. Pembakaran massal rumah-rumah tentu tidak mungkin tanpa alasan, sehingga masyarakat berusaha mencegah tentara Sekutu Belanda dan NICA menggunakan ibu kota Jawa Barat, Bandung, sebagai markas militer strategis selama Perang Kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa ini tentu saja sangat bersejarah bagi Indonesia sehingga dikenal dalam sebuah lagu yang mungkin sudah dihafal selama ini bahkan oleh generasi muda. Peristiwa sejarah heroik ini akan terus dikenang hingga saat ini.

Bahkan ada Monumen Bandung Lautan Api yang bisa Anda temukan untuk mengenang momen bersejarah ini. Lokasinya berada di Jalan BKR, Seaatol, Bandung. Anda  dapat mengunjungi monumen bersama anak-anak Anda atau orang-orang terdekat.

Ibu kota Jawa Barat, Bandung, menjadi pusat mode

Selain sejarah, ternyata kota Bandung juga memiliki hal lain yang menarik, yaitu menjadi salah satu pusat fashion Indonesia. Hal ini sebenarnya sudah menjadi fakta bahwa di banyak tempat ternama Bandung menjadi tempat fashion terbaik untuk ditemukan.

Para fashionista sering mengunjungi ibu kota Jawa Barat. Padahal, sudah sangat lama sejak kota kembang menjadi salah satu pusat mode Indonesia.  Anda bisa  menemukan berbagai brand ternama dari luar negeri dan dalam negeri yang bisa dibeli dengan harga standar.

TRENDING 🔥:  Lirik Traitor - Olivia Rodrigo dan Terjemahan Lagu : LirikTerjemahan

Jika  ingin mendapatkan  brand ternama dari luar negeri, harganya mungkin tidak jauh berbeda dengan beberapa tempat lain. Namun jika ingin mendapatkan produk lokal maka kami rasa fashion di Bandung menawarkan harga yang relatif lebih murah.

Hingga saat ini, ibu kota Jawa Barat merupakan pusat bisnis. Berapa banyakperusahaan toko pakaian yang mencari berbagai model fesyen terbaru dengan harga terjangkau untuk dijual kembali. Tidak hanya untuk masyarakat Bandung, hal ini sering dilakukan oleh sebagian orang dari luar daerah.

Keunikan kota bunga sebagai salah satu pusat fashion Indonesia sangat diapresiasi oleh masyarakat. Hampir semua wisatawan yang datang ke kota akan mencari pusat perbelanjaan dengan harga yang cukup murah.

Masih banyak fakta menarik yang bisa kamu temukan dari kota kembang. Sebagai salah satu  bangsa Indonesia, sangat penting untuk mengetahui potensi kota yang satu ini. Hal ini terbukti dari banyaknya wisatawan yang selalu berkunjung ke daerah Bandung hanya untuk melihat sisi kota yang menarik.

Anda bisa mencoba menikmati liburan di wilayah Bandung dan merasakan kenyamanan yang sangat menakutkan ketika berada di  ibu kota Jawa Barat bersama orang-orang terdekat.