≡ Menu

Kapan waktu terbaik untuk menyembelih hewan kurban

in Ibadah

Mendekati Hari Raya Idul adha, tentunya bagi anda yang berniat untuk kurban tidak ingin meninggalkan keutamaan-keutamaan dalam berkurban seperti waktu terbaik kapan ibadah kurban itu dilaksanakan.

Pada tulisan sebelumnya sudah kami jelaskan tentang syarat sah hewan  yang akan dijadikan Kurban, sekarang kita lanjutkan pembahasan tentang waktu-waktu terbaik untuk menyembelih hewan kurban.

Seperti kita ketahui bahwa waktu penyembelihan hewan kurban dimulai tanggal setelah shalat ied tanggal 10-11-12-13 Dzulhijjah, namun ada keutamaan kapan waktu terbaik untuk penyembelihan hewan kurban.

Ulama berbeda pendapat tentang kapan waktu terbaik untuk menyembelih hewan kurban, senada dengan pendapat yang disampaikan oleh Syaikh Wahbah Azzuhaili.

Syeikh Wahbah Az-Zuhaily dalam Fiqhul Islami wa Adillatuhu mengatakan.

للفقهاء خلافات جزئية في أول وقت التضحية وآخره، وفي كراهية التضحية في ليالي العيد. لكنهم اتفقوا على أن أفضل وقت التضحية هو اليوم الأول قبل زوال الشمس؛ لأنه هو السنة


Artinya, “Ada perbedaan pendapat ulama fikih terkait awal dan akhir waktu penyembelihan hewan kurban, serta kemakruhan menyembelih di malah hari. Tetapi, mereka seluruhnya sepakat bahwa waktu utama menyembelih kurban ialah hari pertama sebelum tergelincir matahari, karena hal itu sunah.”

Menurut Syeikh Wahbah Az-Zuhaily, seluruh ulama sepakat bahwa waktu paling baik menyembelih hewan kurban ialah hari pertama setelah Shalat ‘Id sampai sebelum tergelincir matahari atau sebelum masuk waktu shalat Zuhur.

Kesunahan waktu penyembelihan ini didasarkan pada hadits riwayat Al-Bara’ bin ‘Azib bahwa Rasulullah SAW berkata.

إن أول مانبدأ به يومنا هذا: أن نصلي، ثم نرجع، فننحر، فمن فعل ذلك، فقد أصاب سنتنا، ومن ذبح قبل ذلك، فإنما هو لحم قدمه لأهله، ليس من النُسُك في شيء

 

Baca Juga :  Hewan yang tidak sah untuk kurban

Artinya, “Sungguh yang pertama kali kami lakukan pada hari ini ialah shalat, kemudian kami pulang dan setelah itu menyembelih hewan kurban. Siapa yang melakukan hal demikian (menyembelih setelah shalat), maka dia telah memperolah sunah kami. Tetapi siapa yang menyembelih sebelum itu, maka penyembelihannya itu sebatas menyembelih untuk keluarganya sendiri dan tidak dianggap ibadah kurban,” (HR Al-Bukhari).

Dari keterangan diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa waktu terbaik untuk menyembelih hewan kurban adalah dimulai pada hari pertama sebelum tergelincir matahari agar memperoleh kesunahan.

Dan perlu diketahui bahwasanya menyembelih hewan kurban sebelum shalat ‘Id tidak termasuk ibadah kurban dan ini disepakati oleh para ‘Ulama.

Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat: