Resep Sup Kambing Bumbu Rempah, Enak, Segar dan Anti Bau Prengus
Share ke Facebook Share ke Twitter

Menurut Wikipedia sup kambing atau sop kambing adalah salah satu hidangan lezat yang mudah ditemukan di Indonesia. Masakan berkuah ini dibuat dari olahan daging kambing, tomat, seledri, daun bawang, jahe, kemiri dan daun jeruk serta kuah kaldu asli yang merupakan air bekas rebusan daging ayam yang bewarna bening kekuningan.

Agar lebih sedap dan nendang dilidah, selain menggunakan air kaldu yang gurih untuk membuat sup kambing ini juga diperkaya dengan bumbu rempah segar khas Indonesia. Mulai dari dari jahe, kapulaga, cengkeh, bunga pekak, pala bubuk dan ketumbar. Bumbu yang digunakan untuk membuat resep sup kambing ini hampir mirip dengan hidangan favorit Indonesia lainnya yaitu Resep Sup Buntut Sapi Bening Empuk.

Pada umumnya sup kambing menggunakan daging kambing muda yang masih segar termasuk daging bagian iga. Namun kini banyak bermunculan kreasi sup kambing yang menggunakan bagian kambing lainnya. Seperti sup kaki kambing dan sup kepala kambing yang lengkap menggunakan bagian pipi, lidah, telinga, bibir, mata dan terkadang juga menggunakan otak kambing.

Kambing merupakan hewan ternak yang lazim diternakkan di Indonesia. Maka jangan heran lagi jika ada banyak resep sup dari daging kambing dari berbagai daerah yang memiliki citarasa khas disetiap daerahnya. Mulai dari sup kambing Betawi, sup kambing Melayu, sop kambing Madura, sup kambing Tanah Abang khas Jakarta, sop kaki kambing Yogyakarta Sudi Mampir dan sup kambing Jawa.

 

Di daerah Jawa selain diolah menjadi sup segar, daging kambing juga sering dimasak menjadi Resep Tongseng Kambing Empuk Istimewa dan gulai berkuah. Selain itu daging kambing juga bisa di olah menjadi Steak Daging Kambing, Sate Kambing Bumbu Kecap dan Resep Sate Madura Daging Kambing Empuk. Aneka masakan kambing ini lazim dimasak oleh banyak orang ketika Hari Raya Idul Adha.

TRENDING 🔥:  Keunggulan Program Maybank2u : HargaKatalog

Sup kambing paling enak disajikan ketika masih hangat lengkap dengan nasi putih pulen, taburan bawang merah goreng, sambal dan emping melinjo. Nah, berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Resep Sup Kambing lengkap dengan sambal pedasnya. Cekidot!

Resep Sup Kambing dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan Sup :
Daging kambing 1kg
Daun jeruk 8 lembar
Kentang 1/4 kg
Wortel besar 2 buah
Bawang bombay besar 2 buah
Bawang merah 13 butir
Bawang putih 15 siung
Kapulaga 4 butir
Cengkeh 7 butir
Bunga pekak 4 buah
Jahe 50 gram (memarkan)
Tomat merah besar 1 1/2 buah
Daun bawang 3 batang (iris halus)
Pala bubuk 2 sendok teh
Ketumbar bubuk 2 sendok teh
Kayu manis bubuk 1 sendok teh
Lada bubuk 3 sendok teh
Jeruk limau besar 4 buah
Bawang goreng secukupnya
Air, kaldu bubuk, garam dan minyak goreng secukupnya

Langkah Membuat Sup Kambing :
Pertama-tama daging tidak usah dicuci terlebih dahulu. Balansir daging kambing selama 3-4 menit (didihkan air, masukkan daging kambing lalu rebus selama 3-4 menit untuk menghilangkan darah dan kotoran pada daging). Aduk-aduk selama merebus agar darah dan kotoran tidak terbawa. Jangan merebus terlalu lama ya, nanti kandungan gizi daging kambing terbuang dalam proses ini.
Setelah direbus, tiriskan daging, cuci bersih kemudian potong kecil-kecil sesuai selera. Sambil memotong daging, didihkan air untuk kuah. Ketika air sudah mendidih masukkan potongan daging, tutup pancinya lalu masak daging sampai empuk.
Sambil menunggu daging empuk, silahkan tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, jahe, bunga pekak, kapulaga, cengkeh, lada bubuk, ketumbar bubuk, pala bubuk dan kayu manis hingga harum dan layu. Pastikan bumbu matang ya bun, agar tidak berbau langu. Sisihkan.
Setelah itu masukkan kentang dan wortel ke dalam rebusan daging, biarkan empuk. Lalu masukkan pula bumbu yang telah ditumis tadi, aduk rata. Biarkan bumbu meresap sempurna ke dalam daging. Tambahkan garam dan kaldu bubuk.
Ketika daging, kentang dan wortel sudah empuk, masukkan potongan tomat dan irisan daun bawang. Aduk rata.
Cicipi rasanya, koreksi rasa lalu masukkan air perasan jeruk limau (buang bijinya) dan bawang goreng secukupnya. Aduk rata. Angkat, sajikan.
Tujuan memasukkan air perasaan jeruk limau dan bawang goreng saat proses memasak sup adalah agar rasa dan aroma sop lebih kuat dan sedap. Jika ingin menyediakan bawang goreng dan jeruk limau lagi ketika penyajian boleh-boleh saja tapi saat memasak wajib dimasukkan jeruk dan bawang gorengnya ya. Nah itu dia cara membuat sup kambingnya, cukup mudah dan praktis bukan?

TRENDING 🔥:  How to connect to grab Indonesia call center  easily : Nekopoi

Seperti janji kami di atas, selain sup kami juga akan membagikan cara membuat sambal sup kambing agar semakin komplit ketika penyajian. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Sambalnya. Mari disimak!

Bahan Sambal :
Cabai rawit merah 15 buah
Bawang putih 1 siung
Cara Membuat Sambal :
Pertama-tama rebus cabai dan bawang putih dalam panci hingg air sat.
Setelah itu haluskan cabai dan bawang yang telah direbus. Jika terlalu kental tambahkan air matang agar sambal sedikit encer.
Hati-hati sambal ini sangat pedas
Sajikan sup lengkap dengan sambal, kecap, emping, nasi atau ketupat jika suka.
Penggunaan rempah yang komplit membuat bau prengus kambing hilang. So, selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Sup Kambing Bumbu Rempah, Enak, Segar dan Anti Bau Prengus. Semoga bermanfaat

Sumber :