Fiqih Shalat VII : Sunnah Haiat didalam Shalat

Kesunahan kesunahan didalam sholat ada yang sifatnya Ab’adl dan ada yang sifatnya Haiat. Dalam sunah ab’adh kalau ditinggalkan di ganti dengan sujud sahwi sedangkan tidak perlu melakukan sujud sahwi jika yang ditinggalkan adalah sunnah Haiat.

Adapun Sunnah-Sunnah Haiah didalam shalat ada 15 seperti yang disampaikan oleh syaikh Abi syuja’ didalam kitab beliau matan taqrib:

وهيئاتها خمس عشرة خصلة رفع اليدين عند تكبيرة الإحرام وعند الركوع والرفع منه ووضع اليمين على الشمال والتوجه والاستعاذة والجهر في موضوعه والإسرار في موضوعه والتأمين وقراءة السورة بعد الفاتحة والتكبيرات عند الرفع والخفض وقول سمع الله لمن حمده ربنا لك الحمد والتسبيح في الركوع والسجود ووضع اليدين على الفخذين في الجلوس يبسط اليسرى ويقبض اليمنى إلا المسبحة فإنه يشير بها متشهدا والافتراش في جميع الجلسات والتورك في الجلسة الأخيرة والتسليمة الثانية

Baca Juga :  Tata Cara Shalat Jenazah Atau Shalat Mayit

Sunnah Haiatnya shalat ada 15 :

  1. Mengangkat kedua tangan saat takbiratul ihram
  2. Mengangkat kedua tangan saat ruku’
  3. Mengangkat kedua tangan ketika bangkit dari rukuk
  4. Meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri
  5. Tawajjuh (membaca doa iftitah)
  6. Membaca isti’adzah (paling utama membaca ‘Audzubillahi Minas Syaithonir Rojiim)
  7. Mengeraskan Bacaan dan Menyamarkan bacaan sesuai dengan tempatnya
  8. Membaca Amin (setelah fatihah)
  9. Membaca Surat (setelah membaca fatihah)
  10. Membaca Takbir ketika turun (ketika naik atau turun)
  11. Membaca Sami’allahu liman hamidah, Tasbih didalam rukuk dan sujud
  12. Meletakkan kedua tangan di atas kedua paha saat duduk; membuka tangan kiri sedang tangan kanan menggenggam kecuali jari telunjuk yang menunjuk saat tahiyat 
  13. Duduk Iftirash pada semua duduk
  14. Dan duduk Tawarru didalam tahiyyat akhir
  15. Membaca salam kedua
Baca Juga :  Berhubungan Badan Siang Hari Karena Lupa Apakah Membatalkan Puasa?

Bagi yang ketinggalan dalam membaca fikih sholat ala madzhab syafi’i, bisa buka link-link dibawah ini :

Demikian Kesunahan-kesunahan haiat sholat sebagaimana yang dijelaskan oleh Syaikh Abi Syuja’ dalam kitab Matan Taqrib