Fiqih Qurban 1: Pengertian, Hukum dan Kurban Nadzar

Pengertian Qurban, Hukum Qurban dan Qurban Nadzar

Pada Fiqih Qurban 1 Kami akan menjelaskan tentang Pengertian Qurban, Hukum Qurban dan Tentang Qurban Nadzar, Karena ada perbedaan antara kurban yang hukumnya sunah dan kurban Nadzar (wajib) termasuk dalam masalah mengkonsumsi daging dari kedua kurban tersebut.

Sejarah Qurban

Sejarah tentang disyariatkanya Kurban idul adha adalah ketika Nabi Ibrahim diperintah oleh Allah Ta’ala untuk menyembelih putranya yakni Nabi Ismail yang baru berusia sekitar 9 (sembilan) tahun, seorang anak yang tampan, dengan Rasa ikhlas Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail menyerahkan diri kepada kehendak Allah Ta’ala.

Sedangkan Perintah untuk berkurban yang turun kepada Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam pada tahun ke-2 Hijriyah. Untuk Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam Hukum Qurban adalah wajib sedangkan untuk ummatnya adalah sunah.

Seperti yang dijelaskan Dalam Kitab Fathul Qarib Syaikh ala matn Ibnu Suja’:

بضم الهمزة في الأشهر، وهي اسم لما يذبح من النعم يوم عيد النحر، وأيام التشريق تقرباً إلى الله تعالى

Al udhiyah, dengan membaca dhumah huruf hamzahnya menurut pendapat yang paling masyhur, yaitu nama binatang ternak yang disembelih pada hari Raya Kurban dan hari Tasyriq untuk mendekatkan diri pada Allah Swt.

Baca: Panduan Bilal Idul Adha Arab, Latin dan Artinya Lengkap

Hukum Qurban

Hukum Qurban adalah sunah Muakad ( sunah yang dikukuhkan) menurut Imam Syafi’i, Imam Malik dan Imam Ahmad sedangkan menurut Imam Hanafi Hukum dari qurban adalah wajib dengan ketentuan Orang tersebut mampu dan tidak dalam safar (Perjalanan).

Kapan Qurban Dihukumi Wajib?

Qurban di hukumi wajib jika seseorang itu memiliki nadzar untuk berkurban.

Sebagai contoh: “Saya Bernadzar untuk berkurban dengan kambing ini tahun ini” maka ketika ucapan tersebut terlontar maka bagi orang tersebut hukumnya wajib untuk menjadikan binatang tersebut sebagai hewan kurban untuk dirinya.

contoh Lain : “Jika anak saya lulus dengan predikat terbaik, saya Janji akan berkurban tahun ini.”

Kedua Contoh diatas menjadikan seseorang tersebut wajib untuk berkurban.

Demkian Tentang Pengertian Qurban, Hukum Qurban dan Qurban Nadzar, Untuk Mengetahui tentang Syarat Hewan Kurban termasuk hewan yang tidak sah untuk dijadikan kurban bisa dilihat di halaman ini.