≡ Menu

Doa Penutup Majlis

in Doa

Sebagai insan sosial sering kita berkumpul dengan kawan-kawan atau kita duduk bersama dalam satu majlis seperti belajar mengajar, shalawatan dan lainya.

Dan tidak menutup kemungkinan kita sebagai manusia yang penuh salah dan lupa melakukan hal-hal yang kurang baik walaupun dalam perkumpulan yang kita ikuti adalah perkumpulan yang baik, misalkan pengajian atau majlis ilmu lainya.

Kadang hati kita merasa lebih khusuk dari yang lain atau bahkan kita berbohong, membual atau melakukan perkara yang buruk.

Untuk melebur dosa-dosa kita dalam majlis tersebut dan menambah keberkahanya Imam At-Tirmidzi meriwayatkan satu hadits shohih yang di abadikan oleh imam An-Nawawi dalam kitab al-Adzkar.[1]

Rasulullah ﷺ menganjurkan kita untuk membaca doa berikut, agar dosa dan kesalahan kita saat pertemuan tersebut diampuni. Doa ini juga biasa disebut dengan nama doa kafaratul majelis:

سُبْحانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ أشْهَدُ أنْ لا إِلهَ إِلاَّ أنْتَ أسْتَغْفِرُكَ وأتُوبُ إِلَيْكَ

Subhânakallâhumma wa bihamdika asyhadu an-lâilâha illâ anta astaghfiruka wa atûbu ilaik

“Maha Suci Engkau, ya Allah. Segala sanjungan untuk-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”

Hadits shahih riwayat At-Tirmidzi diatas menjelaskan bahwa siapa yang membaca doa ini sebelum ia berdiri dari tempat duduknya maka seluruh kesalahan selama dalam majelis tersebut terampuni.

[1]Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi: Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir
Silahkan Bagikan Jika Bermanfaat: