Doa Mohon Turun Hujan

Saat Kekeringan melanda, banyak orang yang kesusahan untuk mendapatkan air bersih, banyak pula sawah dan ladang yang tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam. Dalam keadaan seperti ini tentunya kita berharap hujan segera turun. Selain kita diajarkan untuk sholat istisqa, kita juga diajarkan untuk Berdoa Mohon Hujan Turun.

Doa Mohon Turun Hujan disaat kekeringan

Pada tulisan sebelumnya kita diajarkan untuk berdoa ketika hujan turun, hujan deras yang ditakutkan akan mengakibatkan banjir, doa saat melihat awan hitam ataupun doa saat melihat awan mendung dan angin kencang (Baca : Doa ketika Hujan Turun).

Pernah suatu ketika seorang arab badui menghadap kepada nabi untuk mengadukan keadaanya. Dimana Ternak peliharaanya banyak yang mati dan tidak bisa memberikan makanan dan minuman yang cukup karena kelangkaan susu untuk diminum.

Baca Juga :  Tempelkan tulisan ini di pintu Rumah, Agar Wabah tidak Masuk ke Dalamnya

Kemudia Rasulullah Sholla Allahu Alaihi Wasallam berdiri diatas mimbar bertahmid kepada Allah seraya memanjatkan doa berikut sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud Rahimahullah:

Doa Mohon Diturunkan Hujan

اللهمّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا سَرِيْعًا مَرِيْعًا غَدَقًا طَبَقًا، عَاجِلًا غَيْرَ رَائِفٍ، نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ تَمْلَأُ بِهِ الضَّرْعُ، وَيَنْبُتُ بِهِ الزَّرْعُ وَتُحْيِي بِهِ الْأَرْضُ بَعْدَ مَوْتِهَا وَكَذَلِكَ تُخْرِجُوْنَ  

Doa Mohon Turun Hujan Tulisan Latin

Allahummasqina Ghoitsan Mughitsan Sarii’an Marii’an ghodaaqon Thobaqon, Ajilan Ghoiro Rooifin, Naafi’an Ghoiro Dloorrin Tamla_u bihidl_dlor’u, Wa yanbutu bihiz zar’u wa tuhyi bihil Ardlu ba’da mautiha wakadzalika tukhrijuun.

Arti Doa Mohon Turun Hujan

“Ya Allah, turunkanlah hujan kepada kami, hujan yang merata, segera, menyuburkan, lebat, merata, segera tanpa kelambatan, bermanfaat tanpa bahaya. Hujan yang dapat memenuhkan ambing (kantong kelenjar) susu binatang ternak, yang menumbuhkan tanaman, yang menghidupkan tanah setelah mati (karena kekering

Doa Mohon Turun Hujan Dalam Riwayat Imam Malik bin Anas Rahimahullah. Yang Berisi permintaan diturunkannya hujan untuk hamba-hamba Allah, dan binatang-binatang ciptaan-Nya, serta dihidupkannya lagi negeri yang sebelumnya mati karena kekeringan. Berikut Doanya:

Baca Juga :  Adab, Tata cara Serta Doa Sebelum Tidur Dari Imam Ghazali dan Artinya

Doa Mohon Turun Hujan (2)

اللهمَّ اسْقِ عِبَادَكَ وَبَهَائِمَكَ وَانْشُرْ رَحْمَتَكَ وَأَحْيِ بَلَدَكَ الْمَيِّتَ  

Doa Mohon Turun Hujan (2) Tulisan latin

Allahummasqi Ibadaka Wa baha_imaka Wa_Nsur Rahmataka Wa Ahyi baladakal Mayyita

Artinya:

“Ya Allah, turunkanlah hujan kepada hamba-hamba-Mu dan binatang-binatang (ciptaan)-Mu, sebarkanlah rahmat-Mu dan hidupkanlah negeri-Mu yang sebelumnya mati.” 

Sekian