Doa Memakai Pakaian Dan doa Melepas Pakaian

Doa memakai pakaian dan doa melepas pakaian

Salah satu bentuk rasa syukur kita atas nikmat yang diberikan Allah Ta’ala Adalah dengan berdoa, termasuk salah satunya adalah Doa memakai pakaian baru ataupun pakaian yang sering kita pakai sehari-hari.

Dalam memakai pakaian baru kita kenapa kita dianjurkan untuk berdoa?

Kita tahu bahwa salah satu perkara yang buruk yang dapat merusak hati dan ibadah kita diantaranya adalah ujub (merasa bangga dengan diri sendiri) dan juga Riya’ (Pamer).

Kedua hal diatas merupakan salah satu sandungan yang dapat merusak amal ibadah kita. Kedua perkara diatas juga merupakan satu penyakit yang ditanamkan oleh setan dengan cara yang sangat halus sehingga kita akan cukup sulit untuk mendeteksinya.

Begitu sangat berbahayanya penyakit-penyakit tersebut, Sampai membuat sahabat Muadz bin Jabal ketika dimintai untuk menceritakan wasiat dari baginda nabi tentang bahaya dari sifat riya’ dan ujub menangis dengan keras dan terjungkal sampai orang yang melihatnya mengira beliau tidak akan bangun lagi.

Penyakit hati seperti Ujub dan Riya’ bisa menghinggapi siapa saja termasuk seseorang yang mendapat kenikmatan dari Allah Ta’ala berupa pakaian atau baju, baik itu baju baru atau yang sudah biasa di pakai.

Kadang kita tidak sadar memamerkan baju baru yang kekinian dan sesuai dengan trend mode kepada orang lain, apalagi baju baru tersebut memiliki harga yang fantastik.

Baca Juga :  Hutang Segunung? Coba Amalkan Doa Ini

Hal yang seperti inilah yang secara tidak sadar menimbulkan rasa bangga dan pamer.

Untuk menghindari perkara tersebut kita dianjurkan untuk berdoa sebelum memakai pakaian baru agar penyakit hati tidak muncul dalam diri kita.

Lantas seperti apakah doa memakai pakaian baru atau pakaian yang sudah biasa dipakai tersebut?

Ketika memakai pakaian baru, baik yang Beliau pakai itu berupa jubah, surban atau gamis, beliau memberikan nama dengan namanya. Lalu beliau berdoa.

Doa memakai pakain sesuai sunnah

Doa Memakai Pakaian

Doa Memakai Pakaian Bahasa Arab:
اَللّهُمِّ إِنِّى أَسْئَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Doa Memakai pakaian Latin:
Allahumma Inni As-aluka min khoirihi wa khoiri ma huwa lahu, Wa A’udzubika Min Syarrihi Wa Syarri Ma Huwa Lahu

Arti Doa Memakai Pakaian:
Ya Allah Sesungguhnya Aku Memohon Kepada-Mu kebaikan Pakaian ini dan Kebaikan sesuatu yang dibuat pakaian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang di buat pakaian ini. (Sumber Rujukan: Al-adzkar An-Nawawi)

Doa Memakai Pakaian Baru

Doa Memakai Pakaian Baru Bahasa Arab:

Baca Juga :  Doa Sholat Tarawih Dan Witir (Arab, Latin Dan Artinya )

اللَّهُمَّ لَكَ الحَمْدُ أنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أسألُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ ما صُنِعَ لَهُ وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرّ ما صُنِعَ لَهُ

Doa Memakai Pakaian Baru Latin:
Allâhumma lakal hamdu anta kasautanîhi, as-aluka khairahu wa khaira mâ shni‘a lahû wa a‘ûdzu bika min syarrihi wa syarri mâ shuni‘a lahu

Arti Doa Memakai Pakaian Baru:
“Ya Allah bagi-Mu segala puji. Engkau telah memakaikannya untukku, aku memohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan apa yang ia dijadikan untuknya, dan aku berlindung dari keburukannya dan keburukan apa yang ia dijadikan untuknya.” (Sumber Rujukan: Al-adzkar An-Nawawi)

Kemudian selain doa Memakai pakaian kita juga di ajarkan untuk berdoa saat melepaskan pakaian tersebut.

Bagaimana Doa Melepas Pakaian?

Ketika hendak melepas Pakaian Rasulullah mengajarkan doa di bawah ini:

Doa Melepas Pakaian

Doa Melepas Pakaian Bahasa Arab:
بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ

Doa Melepas Pakaian Latin:
Bismillahil ladzi laailaha illa huwa

Arti Doa Melepas Pakaian:
“Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia.” (Sumber Rujukan : Al-adzkar An-Nawawi)

Dengan Doa-doa Yang di ajarkan Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi Wasallam dalam memakai atau melepaskan pakaian kita terjaga dari hal-hal buruk.

Wallahu A’lam