Doa Masuk Pasar Atau Mall (Arab, Latin, Artinya)

Salah satu tempat perputaran uang yang paling cepat adalah pasar atau mall, kita dianjurkan membaca doa masuk pasar dan doa keluar pasar. Dengan doa keluar masuk pasar atau mall tersebut kita berharap perlindungan dari Allah dari semua keburukan yang ada di dalam pasar tersebut.

Selain sebagai pusat perputaran uang dan menjadi roda perekonomian, hiruk pikuk dan semua kegiatan yang ada di dalam pasar bisa membuat seseorang menjadi lalai.

Terkadang dalam persaingan harga antara satu pedagang dengan lainya bisa saling menjatuhkan, terkadang juga terjadi ketidak jujuran antara pembeli dan penjual.

Hal-hal semacam ini tentunya harus kita hindari dengan cara memohon perlindungan dari Allah سبحانه و تعالى dari hal-hal buruk yang terjadi di dalam pasar atau pusat perbelanjaan tersebut, yakni dengan cara berdzikir dan berdoa ketika kita memasuki pasar atau sedang berada di dalamnya.

doa keluar masuk pasar lengkap dan artinya

Kenapa kita harus berdoa ketika masuk pasar dan keluar pasar?

Terdapat sebuah riwayat dari Sahabat Salman رضي الله عنه, Bahwa Rasulullah ﷺ berkata:

لَا تَكُونَنَّ إِنْ اسْتَطَعْتَ أَوَّلَ مَنْ يَدْخُلُ السُّوقَ وَلَا آخِرَ مَنْ يَخْرُجُ مِنْهَا فَإِنَّهَا مَعْرَكَةُ الشَّيْطَانِ وَبِهَا يَنْصِبُ رَايَتَهُ

“Jika engkau bisa, janganlah menjadi orang yang pertama masuk pasar dan terakhir keluar darinya. Karena pasar merupakan medan pertempuran setan dan di sanalah ia menancapkan benderanya.” (HR. Muslim).

Namun perlu diketahui walaupun pasar adalah medan pertempuran setan, bukan berarti kita diharamkan untuk memasukinya. Malah akan menjadi sesuatu yang istimewa jika kita mampu untuk berdzikir di dalamnya di saat orang lain lalai.

Baca Juga :  Hutang Segunung? Coba Amalkan Doa Ini

Dan setelah kita mengetahui tentang sabda Rasulullah ﷺ diatas, tentunya kita ingin mendapatkan perlindungan dari Allah سبحانه و تعالى dari setiap godaan yang terdapat di dalam pasar tersebut dengan cara berdzikir dan berdoa.

Bagaimana Dzikir dan Doa Masuk Pasar?

Dzikir Doa Masuk Pasar Bahasa Arab (1)

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لاَ يَمُوْتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Dzikir dan Doa Masuk Pasar Latin

Lâilâha illâLlâhu wahdahu lâ syarîkalahu, lahu-l-mulku wa lahu-l-hamdu yuhyî wa yumîtu wa huwa hayyun lâ yamûtu biyadihi-l-khair wahuwa ‘alâ kulli syai-in qadîr 

Arti Dzikir dan Doa Masuk Pasar

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah. Maha Tunggal. Tiada sekutu bagi-Nya. Dialah pemilik kekuasaan dan segala pujian, yang menghidupkan dan mematikan. Dia Maha Mampu atas segala sesuatu.

Dzikir diatas terdapat di dalam riwayat Imam at-Tirmidzi, dari Sayyidina Umar ibn Khattab. Rasulullah ﷺ bersabda bahwa barangsiapa yang mengucapkan bacaan tersebut maka Allah mencatat untuknya satu juta kebaikan dan menghapus untuknya satu juta keburukan serta meninggikan untuknya satu juta derajat.

Kemudian di dalam kitab Al- Adzkar, Imam An-Nawawi menyebutkan jika Rasulullah ﷺ memasuki Pasar, Beliau Membaca Doa Ini:

Baca Juga :  Doa Dari Gus Mus Sebagai Ikhtiar Bathiniyah dalam menghadapi Corona

Doa Masuk Pasar (2)

Doa Masuk Pasar Bahasa Arab

باسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ خَيْرَ هَذِهِ السُّوقِ وَخَيْرَ ما فِيها وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّها وَشَرّ مَا فِيهَا اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ أنْ أُصِيبَ فِيْهَا يَمِيْناً فاجِرَةً أوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً

Doa Masuk Pasar Latin Dan Artinya

Bismillâh allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihi-s-sûqi wa khaira mâ fîhâ wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a‘ûdzubika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsiratan

Dengan nama Allah, ya Allah, aku memohon kebaikan dari pasar ini dan kebaikan dari apa yang ada di dalamnya. Aku berlindung dari keburukan pasar ini dan keburukan apa yang ada di dalamnya. Ya Allah, aku berlindung dari sumpah palsu dan transaksi yang merugikan.

Dari uraian diatas kita tahu bahwasanya setan menancapkan benderanya di pasar. Namun selama kita mengikuti apa yang telah disabdakan Nabi ﷺ, Insya Allah kita akan aman dari godaan setan yang akan menggelincirkan kita kedalam dosa.

Semoga dengan membaca dzikir dan doa masuk pasar diatas, kita terlindungi dari semua hal-hal buruk yang terjadi di dalam pasar, swalayan ataupun tempat-tempat perbelanjaan lainya.

Dan bagi anda yang berdagang semoga dengan selalu berzikir dan berdoa ketika berada di pasar atau swalayan, Dagangan anda diberi keberkahan dan laris manis.

Wassalam,