Doa Ketika Bercermin

Doa Ketika Bercermin dan Artinya

Cermin adalah salah satu benda yang sangat dibutuhkan, Terutama untuk melihat penampilan kita sudah sempurna atau belum. Tidak hanya untuk kaum hawa, cermin juga dibutuhkan oleh kaum Adam.

Bercermin bagi sebagian orang dapat meningkatkan kepercayaan diri, karena dengan cermin tersebut seseorang dapat melihat apakah ada kekurangan dalam penampilanya.

Namun apakah selama ini ketika kita menghadap cermin untuk melihat penampilan kita, kita pernah berdoa?

Imam An-Nawawi dalam kitab Al-Adzkar menyampaikan bahwa Sayyidina Ali pernah meriwayatkan kalau Rasulullah Shollallahu ‘Alaihi wasallam ketika bercermin membaca doa dibawah ini.

Doa Ketika Bercermin:

اَلْحَمْدُ لِلهِ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِىْ

Alhamdulillahi kamaa hassanta kholqii fahassin khuluqii

Artinya:

Segala puji bagi Allah, baguskanlah budi pekertiku sebagaimana Engkau telah membaguskan rupa wajahku.

Jika kita perhatikan makna dari doa tersebut, pertama kita bersyukur dengan apa yang telah Allah karuniakan kepada kita berupa wajah yang bagus. Dan tentunya semua karunia yang Allah berikan kepada kita harus kita jaga dan rawat sebaik mungkin.

Baca Juga :  Hutang Segunung? Coba Amalkan Doa Ini

Namun selain uraian diatas, ada hal yang lebih penting lagi yang dapat kita ambil pelajaran dari bercermin. Dalam doa bercermin tersebut kita juga diajarkan memohon Akhlak yang bagus. Bahwasanya wajah yang bagus saja tidak akan cukup tanpa ditunjang akhlak yang bagus pula.

Baginda Nabi Shollallahu ‘Alaihi wasallam Adalah Manusia yang memiliki akhlak paling baik dan sempurna, tentunya kita sebagai Umatnya merasa malu jika hanya wajah saja yang kita rawat dan baguskan didepan cermin tanpa mau bercermin untuk akhlak kita.

Semoga selain wajah kita yang bagus, Allah Ta’ala juga membaguskan Akhlak kita.