Tata Cara Shalat Jenazah Atau Shalat Mayit

Panduan lengkap Tata cara sholat mayit (sholat jenazah)

Panduan atau Tata cara sholat Mayit (Jenazah) baik laki-laki, Perempuan, Ataupun kita tidak mengetahui jenis kelamin mayit (jenazah tersebut laki-laki atau perempuan.


Sholat Mayit (Sholat Jenazah)

Salah satu kewajiban seorang muslim untuk muslim lainya yang meninggal adalah men-shalati-nya. Sholat Jenazah atau sholat Mayit hukumnya adalah fardhu kifayah, dimana jika sudah ada sebagian muslim yang mengerjakan maka gugurlah kewajiban bagi sebagian muslim lainya.

Panduan Sholat Mayit (Sholat Jenazah)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sholat janazah atau sholat mayit, baik itu berkaitan dengan Rukun dan Tata Cara melaksanakan sholat Mayit (Jenazah).

Berikut ini adalah Panduan tentang tata cara sholat mayit/sholat Jenazah:

FB IMG 1582069867731

Rukun Dalam Sholat Mayit (Jenazah)

Rukun dalam sholat mayit / jenazah ada 7 :
1. Niat
2. Berdiri
3. 4 Takbir
4. Membaca Fatihah
5. Membaca Sholawat Nabi
6. Doa Kepada Mayit
7. Membaca Salam Yang Pertama.

Cara Melakukan Sholat Mayit atau Jenazah?

Sholat mayit atau sholat Jenazah dilakukan tanpa rukuk, sujud dan duduk sebagaimana lazimnya sholat. Shalat Mayit atau sholat jenazah dilakukan dengan 4 kali takbir dan diakhiri dengan salam. Semua dilakukan dengan cara berdiri.

Niat Sholat Mayit atau Sholat Jenazah?

Niat sholat mayit (jenazah) dalam bahasa Arab

أُصَلّىِ عَلَى هَذِهِ الْجَنَازَةِ أَرْبَعَ تَكبِيْراتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ ( إِمَامًا / مَأْمُوْمًا ) للهِ تَعَالَى

Niat Sholat Mayit (Sholat Jenazah) Latin dan Artinya:

“Usholli ‘ala Hadzihil Janazati arba’a takbirotin Fardlo Kifayatin (imaman / Ma’muman) lillahi ta’ala.”

Artinya : “Saya Niat Sholat Pada jenazah ini dengan 4 kali takbir sebagai imam / makmum karena Allah ta’ala”

Atau Dengan Niat Berikut :

Niat Sholat Mayit Untuk Jenazah Laki-laki Bahasa Arab:

أُصَلِّيْ عَلَى هَذَا الْمَيِّتِ أَرْبَعَ تَكبِيْراتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ ( إِمَامًا / مَأْمُوْمًا ) للهِ تَعَالَى
Niat Sholat Jenazah Atau sholat Mayit laki-laki Latin dan Artinya:

Ushalli ‘alâ hâdzal mayyiti Arba’a Takbirotin fardlo Kifayatin lillâhi ta’âlâ

Artinya, “Aku niat shalat atas jenazah (laki-laki) ini fardhu Kifayah sebagai Makmum/Imam karena Allah ta’âlâ.”

Artinya: Artinya, “Aku niat shalat atas jenazah (laki-laki) ini Dengan 4 kali takbir fardhu kifayah sebagai Makmum/Imam karena Allah ta’âlâ.”

Niat Sholat Mayit untuk Jenazah berkelamin perempuan Bahasa Arab:

أُصَلِّى عَلَى هَذِهِ الْمَيِّتَةِ أَرْبَعَ تَكبِيْراتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ ( إِمَامًا / مَأْمُوْمًا ) للهِ تَعَالَى

Niat Sholat Mayit untuk jenazah perempuan latin dan Artinya:

Ushalli ‘alâ hâdzihil mayyitati Arba’a Takbirotin fardlo Kifayatin Ma’muman/Imaman lillâhi ta’âlâ

Artinya, “Aku niat shalat atas jenazah (perempuan) ini Dengan 4 kali takbir fardhu kifayah sebagai Makmum/Imam karena Allah ta’âlâ.”

Ketika shalat jenazah berjamaah dan menjadi makmum, dan tidak tahu siapa yang disholati, laki-laki atau perempuan maka niatnya adalah berikut ini:

أُصَلِّىْ عَلَى مَنْ صَلَّى عَلَيْهِ الْإِمَامُ مَأْمُومًا فَرْضًا لله تَعَالَى

Ushalli ‘alâ man shalla ‘alaihil imâmu ma’mûman fardlan lillâhi ta’âlâ

Artinya, “Aku niat shalat atas jenazah yang dishalati imam fardhu karena Allah ta’âlâ.”

Niat Sholat Mayit (Jenazah) Ghaib:

أُصَلِّيْ عَلَى المَيِّتِ الغَائِبِ أَرْبَعَ تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ كِفَايَةٍ لِلهِ تَعَالَى

Niat Sholat Mayit Ghaib Latin dan Artinya:

Ushalli ‘alāl mayyitil ghā’ibi arba‘a takbīrātin fardha kifāyatin lillāhi ta‘ālā.

Artinya:
Aku menyengaja sembahyang jenazah ghaib empat takbir fardhu kifayah karena Allah Ta’ala.

Panduan Shalat Janazah secara Lengkap

Setelah kita mengetahui lafadz niat sholat mayit selanjutnya adalah tuntunan/panduan Shalat Mayit atau sholat Jenazah secara Lengkap:

1.Niat bersamaan dengan Takbir. Untuk niatnya seperti yang kami tulis diatas.
Setelah takbir pertama (takbir yang bersamaan dengan niat) dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah.
2. Takbir ke-Dua dilanjutkan dengan membaca sholawat nabi. paling sedikit bacaan Sholawat ketika sholat mayit adalah:
“اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ”
“Allahumma Sholli Ala Muhammad”. Sedangkan untuk sempurnanya bacaan sholawat nabi ketika sholat mayit / sholat jenazah adalah sholawat Ibrahimiyah. Dan berikut bacaanya, silahkan lihat #sholawat
3. Takbir Ke-Tiga kemudian membaca doa untuk mayit. Untuk bacaan pada takbir ketiga dalam sholat mayit atau sholat jenazah adalah:
“اللهم اغْفِرْ لَهُ”
“Allahumma Ighfirlahu”
Artinya: ” Ya Allah, Ampunilah Dia. Untuk bacaan lengkap setelah takbir ke tiga,
Silahkan lihat #Doa untuk mayit. Kemudian di lanjutkan dengan takbir ke empat.
4. Takbir Ke-Empat, dilanjutkan dengan #Doa untuk jenazah baru kemudian salam sebagai penutup sholat mayit atau sholat jenazah.

Baca Juga :  Hukum, tata Cara dan Bacaan Sujud Syukur

Salam dalam sholat mayit (sholat jenazah) sama dengan salam pada sholat pada umumnya baik dalam bacaan dan tata caranya.

Akan tetapi di sunnahkan dalam sholat mayit (sholat jenazah) untuk menambahkan Warohmatullahi Wabarokatuhu.

Sholawat Ibrahimiyah

 اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَاصَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَاإبْرَاهِيْمَ وَباَرِكْ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلى آل سَيّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّّدِنَا إبْرَاهِيْمَ وَعَلىْ آلِ سَيِّدِنَا إبْرَاهِيْمَ وعَلَى آلِ سَيِّدِنَاإبْرَاهِيْمَ فِي الْعَالَمِيْنَا إنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Doa Untuk Jenazah / Mayit Laki-Laki Setelah Takbir Ketiga

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Doa Untuk Mayit / jenazah laki-laki latin dan Artinya:

Allâhummaghfir lahu warhamhu wa ‘âfihi wa‘fu anhu wa akrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu waghsilhu bilmâ’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihi minal khathâyâ kamâ naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhu dâran khairan min dârihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhu al-jannata wa a’idzhu min ‘adzâbil qabri wa min adzâbinnâr

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Doa Setelah Takbir Ketiga Untuk Jenazah / Mayit Perempuan

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لَها وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا، وَأَكْرِمْ نُزُلَهَا، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهَا، وَاغْسِلْهَا بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهَا مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهَا دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهَا، وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهَا، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهَا وأَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَأَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Doa untuk mayit / jenazah perempuan latin dan artinya:

Allâhummaghfir lahâ warhamhâ wa ‘âfihâ wa‘fu anhâ wa akrim nuzulahâ wa wassi’ madkhalahâ waghsilhâ bilmâ’i wats tsalji wal baradi, wa naqqihâ minal khathâyâ kamâ naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhâ dâran khairan min dârihâ wa ahlan khairan min ahlihâ wa zaujan khairan min zaujihâ wa adkhilhâ al-jannata wa a’idzhâ min ‘adzâbil qabri wa min adzâbinnâr

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dia, rahmatilah dia, bebaskanlah dan maafkanlah dia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah kuburnya, dan mandikanlah ia dengan air, salju, dan es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Berikan ia rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik dari keluarganya, pasangan yang lebih baik dari pasangannya. Kemudian masukkanlah ia ke dalam surga dan lindungilah ia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Baca Juga :  Kasatkornas H.Alfa Isnaini Tutup Usia, PAC GP Ansor Pringapus Gelar Shalat Ghaib dan Tahlilan

Dan Untuk kesempurnaan Doa setelah takbir ketiga Dalam Sholat Mayit (Jenazah) adalah sebagai berikut:

Doa lengkap setelah takbir ketiga Bahasa Arab:

اللهم إِنَّ هَذَا عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدَيْكَ خَرَجَ مِنْ رَوْحِ الدُّنْيَا وَسَعَتِهَا وَمَحْبُوْبِهِ وَأَحِبَّائِهِ فِيْهَا إِلَى ظُلْمَةِ الْقَبْرِ وَمَا هُوَ لَاقِيْهِ كَانَ يَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ وَحْدَكَ لَاشَرِيْكَ لَكَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ وَأَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنَّا اللهم إِنَّهُ نَزَلَ بِكَ وَأَنْتَ خَيْرُ مَنْزُوْلٍ بِهِ وَأَصْبَحَ فَقِيْرًا إِلَى رَحْمَتِكَ وَأَنْتَ غَنِيٌّ عَنْ عَذَابِهِ وَقَدْ جِئْنَاكَ رَاغِبِيْنَ إِلَيْكَ شُفَعَاءَ لَهُ اللهم إِنْ كَانَ مُحْسِنًا فَزِدْ فِيْ إِحْسَانِهِ وَإِنْ كَانَ مُسِيْئًا فَتَجَاوَزْ عَنْهُ وَلَقِّهِ بِرَحْمَتِكَ رِضَاكَ وَقِهِ فِتْنَةَ الْقَبْرِ وَعَذَابَهُ وَ افْسَحْ لَهُ فِيْ قَبْرِهِ وَجَافِ الْأَرْضَ عَنْ جَنْبَيْهِ وَلَقِّهِ بِرَحْمَتِكَ الْأَمْنَ مِنْ عَذَابِكَ حَتَّى تَبْعَثَهُ آمِنًا إِلَى جَنَّتِكَ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Doa Lengkap Setelah takbir ketiga dalam sholat Mayit (Jenazah) Latin dan Artinya:

“Allahumma Inna Hadza ‘abduka, wabnu ‘abdaika khoroja min Rouhid Dunya wa sa’atiha. Wa mahbubihi wa ahaibbaihi fiha ila dhulmatil qobri wa ma huwa laaqiihi, kana yashadu An Laa ilaaha illa Anta wahdaka laa syarikalaka, Wa anna Muhammadan Abduka wa Rasuluka. Wa anta A’lamu bihi minna.

Allahumma Innahu nazala bika, wa Anta Khoiru Manzulin bihi. Wa asbacha Faqiiron ila rohmatika wa Anta Ghoniyyun ‘an Adabihi. Waqod Ji’naka Raghibiina ilaika Syufa’a a lahu.

Allahumma In kana muchsinan fazid fi ihsanihi, wa in kana musii-an Fatajawwaz ‘Anhu.

Walaqqihi birochmatika ridloka waqihi fitnatal qobri wa adzabihi. Wafsach lahu fi qobrihi wajaafil Ardla ‘An Janbaihi walaqqihi birochmatikal amna min adzabika chatta tab’atsahu Aaminan ila jannatika birochmatika yaa Arhamar Rochimin.

Artinya:

“ya Allah sesungguhnya mayat ini adalah hamba-Mu dan putra dua hamba-Mu. Ia telah keluar dari kesenangan dan keluasan dunia, dari orang yang ia cintai dan para kekasihnya di dunia menuju gelapnya kubur dan apa yang akan ia temui di sana. Ia bersaksi sesungguhnya tidak ada tuhan selain Engkau, hanya Engkau, tidak ada sekutu bagi Engkau, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu. Engkau lebih tahu terhadapnya daripada kami. Ya Allah, sesungguhnya ia telah singgah pada-Mu dan Engkau adalah Tuhan yang disinggahi. Ia telah menjadi orang yang sangat membutuhkan rahmat-Mu dan Engkau tidak butuh untuk meyiksanya. Sesungguhnya kami datang pada-Mu karena mencintai-Mu dan memohonkan syafaat untuknya. Ya Allah, jika ia adalah orang yang berbuat baik, maka tambahkanlah kebaikannya. Dan jika ia adalah orang yang berbuat jelek, maka temukanlah ia pada keridlaan-Mu sebab rahmat-Mu, lindungilah ia dari fitnah dan siksa kubur, luaskanlah ia di dalam kuburnya, renggangkanlah bumi dari kedua lambungnya, dan sebab rahmat-Mu temukanlah padanya rasa aman dari siksa-Mu hingga engkau bangunkan ia dalam keadaan aman menuju surga-Mu, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan yang paling pemurah”.

Doa Sebelum Salam Untuk Jenazah / Mayit Laki-laki

اللهُمّ لاتَحرِمْنا أَجْرَهُ ولاتَفْتِنَّا بَعدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ

Versi Latin :

Allâhumma lâ tahrimnâ ajrahu wa la taftinna ba’dahu waghfir lanâ wa lahu

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.”

Doa Sebelum Salam Untuk Jenazah /Mayit Perempuan

اللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهَا وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهَا وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهَا

Versi Latin:

Allâhumma lâ tahrimnâ ajrahâ wa la taftinna ba’dahâ waghfir lanâ wa lahâ

Artinya: “Ya Allah, jangan haramkan kami dari pahalanya dan jangan beri fitnah (cobaan) bagi kami sepeninggalnya. Ampunilah kami dan ampunilah dia.

Dan sudah menjadi kebiasaan masyarakat kita, setelah penguburan mayat adalah men-talqinya. Bagaimana hukum Melakukan Talqin kepada Jenazah menurut 4 madzhab, jangan lewatkan ulasanya disini.

Semoga Tulisan tentang Panduan / Tuntunan / Tata Cara Shalat Mayit (Jenazah) diatas dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Wallahu A’lam.