Cara Memberi Nama Anak Yang Bagus

Cara memberi nama yang bagus pada anak

Melalui sebuah nama kita dipanggil, dengan nama pula kita dikenal oleh orang lain. Bahkan nama yang kurang bagus bisa menjadikan seseorang yang menyandangnya kurang percaya diri. Lantas Bagaimana Cara Memberi Nama Anak Yang Bagus?

Salah satu prosesi dalam aqiqah adalah memberikan nama kepada anak, Dan biasanya nama untuk anak tersebut sudah kita persiapkan jauh hari sebelum si bayi lahir.

Dalam memberikan nama yang bagus pada anak kadang orang tua meminta kepada orang yang mengerti tentang nama-nama anak yang dianjurkan dalam agama, namun tidak sedikit orang tua yang mencari nama anak melalui mesin pencari seperti google atau yahoo search.

Jika memang nama yang kita cari di google atau mesin pencari lain tersebut memiliki arti yang bagus tidaklah menjadi masalah walaupun memakai bahasa daerah ataupun bahasa import semisal menamai anak dengan bahasa perancis atau latin, Akan tetapi jika ternyata artinya kurang baik maka hal ini akan menjadi makruh.

Hukum Memberi Nama Anak

Tanpa diperintah pun kita punya kewajiban untuk memberikan nama kepada anak-anak kita. Namun tentunya harus kita perhatikan juga tata cara dalam memberi nama anak. Jangan sampai nama yang kita berikan adalah nama yang makruh untuk digunakan bahkan haram dalam pandangan agama kita.

Disunnahkan kepada kita untuk memberi nama yang baik kepada anak/bayi. Demikian juga sebaliknya, Makruh hukumnya memberikan nama yang buruk kepada Anak.

Bahkan jika nama tersebut mengandung makna yang menyekutukan Allah atau merendahkan kesucian Allah maka Nama-Nama tersebut haram untuk dipakai.

Anjuran Rasulullah صلى الله عليه وسلم Untuk memberikan nama yang baik kepada Anak

Imam Nawawi dalam kitabnya Al-adzkar An-Nawawi mengutip sebuah hadits yang di riwayatkan oleh Abi darda’ berikut ini

(عن أبي الدرداء رضي الله عنه قال : قال رسول الله (صلى الله عليه وسلم

“إنكم تدعون يوم القيامة بأسمائكم وأسماء آبائكم فأحسنوا أسماءكم”

Artinya,

“Dari Abu Darda Ra berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Sungguh kalian semua akan dipanggil pada hari Kiamat dengan nama-nama kalian dan nama-nama Bapak kalian. Maka dari itu, baguskanlah nama-nama kalian.’” (Muhyiddin Abu Zakariya An-Nawawi, Al-Adzkar An Nawawi, halaman 411).

Hadits diatas adalah anjuran kepada kita untuk memberikan nama-nama yang baik kepada anak. Lantas seperti apa nama yang baik untuk anak?

Nama Yang Baik Untuk Anak

Dalam sunan Abu Daud diriwayatkan dari Abi Wahb Al Jasymi bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

عن أبي وهب الجشمي الصحابي رضي الله عنه قال : قال رسول الله (صلى الله عليه وسلم) : ” تسموا بأسماء الأنبياء ، وأحب الأسماء إلى الله تعالى : عبد الله وعبد الرحمن ، وأصدقها : حارث وهمام ، وأقبحها : حرب ومرة

Baca Juga :  Hukum Makmum melakukan Tasyahud Awwal Sedangkan Imam Tidak

Artinya:

“Dari Abi Wahb Al-Jusyami RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Berilah nama (kepada anak-anakmu) dengan nama-nama para nabi, dan nama-nama yang paling disukai oleh Allah SWT adalah Abdullah dan Abdurrahman. Sedangkan yang pertengahannya adalah Haris dan Hammam. Adapun nama yang paling buruk adalah Harb dan Murrah,’” (Sunan Abu Dawud, juz IV, halaman 474).

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan kepada kita cara memberi nama yang baik pada anak, mulai dari nama-nama nabi dan nama yang paling disukai oleh Allah sampai pada nama yang paling buruk.

Dalam kitab Busyrol karim Syaikh Sa‘id Ibn Muhammad Ba’asyin menjelaskan bahwa kita disunnahkan memberikan nama-nama yang baik seperti Abdullah, Abdur Rahman, nama yang bagus (pertengahan) seperti Harits dan hamam.

Didalam kitab Tuhfah dijelaskan urutan nama-nama yang baik Setelah Nama Abdullah dan Abdul Rahman adalah nama Muhammad.

Dari keterangan diatas, kita dapat mengetahui tentang batasan nama-nama yang Baik dan boleh untuk digunakan Seperti Abdullah (Hamba Allah), Abdul Rahman (Hamba dzat Yang Maha Pengasih) atau memberikan nama dari nama-nama nabi dan juga memberikan nama-nama yang memiliki arti baik.

Nama Yang Buruk Untuk Anak

Selain Nama-nama yang baik yang sudah dijelaskan ada pula nama-nama yang buruk yang makruh untuk dipakai menamai anak.

Adapun nama-nama yang buruk yang dicontohkan nabi seperti nama murat yang berarti pahit dan nama Harb yang berarti perang bisa menjadi rujukan kita ketika akan memberikan nama anak / bayi dengan bahasa daerah ataupun bahasa lainya. Bukanya tidak diperbolehkan akan tetapi sebaiknya tidak dilakukan.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Sahabat Samurah bin Jundab, Bahwasanya nabi Bersabda:

“ لا تسمين غلامك يسارا ، ولا رباحا ، ولا نجاحا ، ولا أفلح”

Artinya:“Jangan Kalian memberi nama anak kalian Yasar, Rabah, Najah, Aflah”.

Nama-nama tersebut jika diartikan adalah : Yasar (Kaya), Rabah (Untung), Najah (Sukses) dan Aflah (Menang).

Nama Yang dilarang Untuk Anak

Selain nama yang baik untuk anak, nama yang makruh untuk digunakan ada juga nama-nama yang dilarang untuk dipergunakan seperti nama:

Malikul Muluk yang artinya Rajanya Para Raja, Karena nama tersebut hanya untuk Nama Allah Subhanahu Wata’ala. Selain Nama Malikul Muluk ada juga Hakimul Hukama yang berarti Hakimnya Para Hakim, Abdul Ka’bah (Hamba Ka’bah) atau contoh lain Abdul Husain (Hambanya Husain).

Nama Seperti Malikul Mulki dan hakimul Hukama itu menunjukkan sebuah kedudukan, dan tidak ada yang pantas untuk disebut hakimnya para hakim selain Allah Ta’ala.

Nama seperti Abdul Husain ataupun Abdul Ka’bah Tidak diperbolehkan karena karena akan memberikan persepsi Menyekutukan Allah.

Baca Juga :  Arti Sabilillah Dalam Gugatan

Mengganti Nama Yang Buruk

Kemudian ketika kita sudah mengetahui nama-nama yang baik dan yang buruk dan kebetulan ada dari saudara kita yang memiliki nama yang buruk, Bolehkah kita mengganti Nama yang buruk tersebut?

Hukum mengganti nama yang buruk adalah Sunnah sebagaimana Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam menyukai Nama-nama yang bagus dan tidak menyukai nama-nama yang buruk, seperti riwayat hadits berikut ini:

 عن ابن عمر؛ أن رسول الله صلى الله عليه وسلم غير اسم عاصية، وقال (أنت جميلة).

 Dari Ibnu ‘Umar radliyallaahu ‘anhuma : Sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah mengganti nama ‘Aashiyyah, dan bersabda : “Namamu Jamiilah” [HR. Muslim].

Nama yang semula memiliki arti pelaku maksiat diganti oleh nabi dengan arti Cantik.

Dalam Riwayat lain dalam Sunan Abu daun dan Al-Hakim:

 عن أسامة بن أخدريٍّ : أن رجلاً يقال له أصرم كان في النفر الذين أتوا رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم، فقال رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم: “ما اسمك؟” قال: أنا أصرم، قال: “بل أنت زرعة”.

Dari Usamah bin Akhdari : Bahwasannya seorang laki-laki bernama Ashram dan ia termasuk salah seorang yang datang menghadap Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Lalu Rasululah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bertanya : “Siapakah namamu ?”. Ia menjawab : “Ashram”. Maka beliau bersabda : “Gantilah namamu dengan Zur’ah ” [HR. Abu Dawud 4954 dan Al-Haakim no. 7729, ; shahih].

Nama yang sebelumnya berarti tandus diganti oleh Nabi dengan nama yang berarti Subur.

Dari keterangan panjang diatas dapat kita simpulkan bahwa jangan pernah coba-coba dalam memberi nama anak, apalagi sampai berprinsip apalah arti sebuah Nama.

Jika memang memiliki kesulitan untuk memberi nama anak, atau memiliki satu nama yang kita sukai sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahlinya Agar kita bisa benar-benar memberi nama yang baik kepada anak.

Keberkahan Nama Muhammad

Baginda nabi Shallallahu Alaihi Wasallam adalah khairul Khalqi. Nama Beliau yang oleh malaikat ditanyakan kepada Allah “Siapakah Muhammad, kenapa ia bersanding dengan Nama-Mu Ya Allah?” tentu memiliki keberkahan.

Dalam Busyral karim dijelaskan bahwa Salah satu yang menjadikan Imam Ghazali menjadi seorang Hujjatul Islam dengan Ilmunya yang memberikan Manfaat Keseluruh dunia Islam adalah berkah nama Muhammad.

Beliau Hujjatul Islam Imam Ghazali memiliki Nama Muhammad bin Muhammad Bin Muhammad. Dengan Kebanggaan menggunakan Nama Muhammad akhirnya keberkahan kembali kepada pemilik nama tersebut.

Imam syafi’i juga memberikan nama kepada Anaknya dengan Nama Muhammad Tidak lain karena mahabbahnya terhadap Nama tersebut.

Wallahu ‘A’lam,,,,