Batalkah Mengusir Nyamuk Disaat Sholat lebih Dari Tiga Gerakan?

Hukum Gerakan Sholat Lebih dari tiga kali

Saat musim penghujan rawan sekali akan nyamuk, bahkan nyamuk-nyamuk tersebut tidak mengenal waktu dan tempat saat menggigit. Kadang saat kita sholat kekhusukan kita terganggu dengan adanya nyamuk yang mengerubuti dan menggigit kita.

Ada rasa ragu, apakah menghalau nyamuk dengan lebih dari tiga gerakan membatalkan sholat atau tidak? tidak dihalau kita tidak kuat menahan gigitanya, kalau dihalau dan melebihi tiga gerakan kita ragu, apakah sholat kita batal atau tidak.

Dalam hal ini fikih sudah memberikan solusinya. As-Syaikh As-Sayyid Ba’lawi al-hadhromi dalam kitab bughiyyah al mustarsyidin memberikan jawaban atas pertanyaan diatas (menghalau nyamuk lebih dari tiga gerakan membatalkan sholat apa tidak?)

ولو كثر البغوض ولم يمكن دفعه الا بتحريك اليد ثلاثا متوالية لم تبطل للضرورة

“Apabila Nyamuk tersebut banyak dan tidak mungkin untuk menolaknya kecuali dengan tiga gerakan yang berturut-turut, maka sholat orang tersebut tidak batal karena dianggap dhorurat”

Jadi gerakan tiga kali berturut-turut karena banyaknya nyamuk yang mengganggu hal itu tidak membatalkan sholat karena dianggap dhorurat.

Wallahu A’lam..