Kategori: FiqihShalat

Bacaan Doa Iftitah

Setelah selesai melakukan takbiratul ihram yang didalamnya terdapat niat shalat, kita disunahkan untuk membaca doa iftitah.

Doa iftitah ini masuk dalam kategori sunnah haiat yang mana jika kita meniggalkanya tidak akan membatalkan sholat dan tidak disunnahkan untuk sujud sahwi.

Namun terlepas dari itu, setiap individu pastinya dalam beribadah ingin kesempurnaan. Dan salah satu kesempurnaan dalam ibadah sholat adalah melaksanakan sunah-sunahnya baik itu sunah haiat maupun sunah ab’adh.

Ada banyak bacaan doa iftitah sholat, namun yang banyak berlaku di masyarakat adalah bacaan yang kami tulis dibawah ini.

Mungkin saat ini anda sedang mencari bacaan doa iftitah Arab dan latin serta artinya. Berikut kami hadirkan kepada anda bacaan doa Iftitah dalam bentuk arab dan latin dan juga terjemahanya.

Kami tuliskan pula disini bacaan doa iftitahnya dalam bentuk latin, karena kemungkian (Maaf) ada dari pembaca yang memang mencari bacaan doa iftitah tersebut dalam bentuk latin.

Kami juga menyertakan Terjemahan makna dari Doa Iftitah tersebut, dengan mengetahui makna bacaan doa iftitah tersebut barangkali sholat kita bisa lebih khusuk.

Adapun bacaan doa iftitah Bahasa arab, latin dan terjemahan atau artinya adalah sebagai berikut

Bacaan Doa Iftitah Bahasa Arab, Latin dan Artinya

اللّه اكبر كبيرا، والحمدللّه كثيرا وسبحان اللّه بكرة واصيلا

Allahu Akbar Kabiro, Wal hamdulillahi Katsiro Wa Subhanallahi Bukrotaw wa ashila

Artinya : Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-banyak pujian. Dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore.

 إنى وجهت وجهي للذى فطر السموات والأرض حنيفا مسلما وما أنا من المشركين

Inni Wajjahtu Wajhiya lilladzi fathoros samawati wal ardlo hanifam muslimaw wama ana minal musyrikin

Artinya : Sesungguhnya aku menghadapkan wajahku kepada Dzat yang mencipta langit dan bumi dalam keadaan lurus dan pasrah. Dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah.

ان صلاتى ونسكى ومحياي ومماتى لله رب العالمين لاشريك له وبذلك امرت وانا من المسلمين

inna shalati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi rabbil alamin la syarika lahu wa bidzalika umirtu wa ana minal muslimin.

Artinya : Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku semata hanya untuk Allah Tuhan Semua Alam, tiada sekutu bagi-Nya. dan begitulah aku diperintahkan dan aku dari golongan orang muslim. 

Semoga Bacaan Doa Iftitah dalam versi arab, latin beserta artinya dapat memberikan manfaat kepada kita dan semakin menambah khusuk sholat yang kita kerjakan.

Wassalam…..

Website Ini Menggunakan Cookies