Apakah Memakai Obat Tetes Mata Membatalkan Puasa?

Kesehatan adalah salah satu nikmat yang jarang orang sadari. Sehingga terkadang kita cukup abai tentang hal ini, Termasuk kesehatan Mata. Kadang karena iritasi atau karena faktor lain seseorang dapat mengalami sakit mata.

Pakai tetes mata saat puasa

Sakit mata bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk pada bulan Ramadhan, dimana pada bulan ini kita punya kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa.

Salah satu perkara yang membatalkan puasa adalah Masuknya sesuatu kerongga dalam melalui lubang yang terbuka. dan kita sendiri kadang saat menggunakan obat tetes mata, rasa pahit tetes mata tersebut sampai pada tenggorokan.

Berkaitan dengan obat tetes mata ini sesuai dianalogikan dengan persoalan iktihal (memasukan celak mata) sebagaimana penjelasan Syekh Muhammad bin Ahmad al-Ramli berikut ini:

وَلَا يَضُرُّ الْاِكْتِحَالُ وَإِنْ وُجِدَ طُعْمُ الْكُحْلِ بِحَلْقِهِ لِأَنَّهُ لَا مَنْفَذَ مِنَ الْعَيْنِ إِلَى الْحَلْقِ وَإِنَّمَا الْوَاصِلُ إِلَيْهِ مِنَ الْمَسَام ِ

“Dan tidak bermasalah memakai celak mata, meski ditemukan rasanya celak di tenggorokan, sebab tidak ada akses penghubung dari mata ke tenggorokan. Yang sampai di tenggorokan adalah dari pori-pori,” (Syekh Muhammad bin Ahmad al-Ramli, Ghayah al-Bayan, hal. 156).

Jawaban yang hampir sama dalam menganalogikan obat tetes mata juga ada dalam Hasyiyata Qulyubi Wa Umairoh, Juz : 2, Hal : 73 (Cetakan Darl Ihya’.)