Adab Dan Tata Cara Ziarah Nabi (Bagian 1)

Siapa orangnya yang tidak mendambakan untuk bisa sowan ziarah kepada Junjungan kita, manusia termulia, Pimpinan Para Nabi dan Rasul yang menjadi Alasan bumi ini diciptakan, yakni Baginda Nabi Agung Muhammad ﷺ .

Tata Cara Dan Adab Ziarah Nabi Muhammad ﷺ
Adab Dan Tata cara Ziarah Ke Makam Yang Mulia Nabi MUhammad ﷺ

Tentu saja sebagai Insan yang berakal dan waras dalam pemikiran memiliki rasa rindu dan ingin bisa sowan kepada Beliau. Agar tidak su’ul adab dan memperoleh keberkahan yang lebih para ulama mengajarkan kepada kita tentang Adab dan tata cara ziarah nabi Muhammad ﷺ .

Dalam bab-bab akhir Riyadhul Badi’ah dijelaskan tentang adab dan tata cara ziarah ke Makam Nabi Muhammad ﷺ mulai sebelum kita memasuki Madinatul Munawwaroh sampai tata cara dalam berdoa di makam nabi sampai cara mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad ﷺ  dan Sahabat-sahabatnya Radliyallahu ‘Anhum.

Dan perlu diketahui bahwasanya ziarah nabi hukumnya adalah sunnah muakkad bagi setiap muslim bahkan perempuan.

Orang yang mampu untuk berziarah kepada beliau akan tetapi tidak melakukanya, baginya adalah penyesalan yang besar dan kerugian yang nyata. Adapun Orang yang mengingkari ziarah nabi baginya merupakan kerusakan yang besar.

Berikut Adab Dan Tata Cara Ziarah Kepada yang mulia Nabi Muhammad ﷺ :

1. Bagi orang yang pergi untuk melaksanakan ibadah haji yang utama adalah mendahulukan berziarah kepada nabi jika memang waktu untuk ber-haji luas dan cukup jika digunakan untuk berziarah terlebih dahulu.

2. Orang yang hendak berziarah kepada Nabi disunnahkan untuk memperbanyak bacaan sholawat dan salam kepada Beliau Nabi yang penuh rahmat ﷺ selama perjalanan. Begitu juga ketika sudah melihat Tanah haram madinah serta pepohonanya untuk lebih memperbanyak lagi bacaan shalawat dan salam.

3. Ketika sudah sampai disunnahkan mandi sebelum memasuki kota madinah, apabila hal tersebut tidak dapat dilakukan maka setelah memasuki kota dan sebelum masuk ke masjid Nabawi.

4. Memakai pakaian putih dan wewangian karena pakaian putih lebih baik dari pada yang lainya.

5. Memasuki Masjid melalui Pintu Jibril dan lansung menuju ke Raudhah. Raudhah adalah Tempat yang letaknya diantara makam nabi dan mimbar masjid. Sesampai di Raudhah Melakukan Sholat tahiyyatal Masjid.

6. Jika bisa dilakukan, yang lebih utama dalam sholat tahiyyatal masjid adalah ditempat sholatnya yang Mulia Nabi Muhammad ﷺ. Namun jika kesulitan, silahkan sholat disekitarnya yang terdekat daria arah mimbar.

7. Setelah selesai Shalat Memuji kepada Allah dengan membaca hamdalah dan memohon Supaya Ziarahnya bermanfaat dunia akhirat, Allah menerima Ziarah yang dilakukan.

8. Jangan Lupa berdoa sesuai yang diinginkan dan mendoakan kepada orang-orang yang dicintai seperti Ayah, Ibu, anak, Istri, saudara, sahabat, tetangga dan kepada muslimin dan muslimat. 

9. Kemudian Baru Melanjutkan untuk Berziarah Ke Makam Baginda Nabi….